Jokowi Dorong Penempatan PNS Fresh Graduate di IKN Pada Perekrutan 2024!

JurnalPatroliNews – IKN – Presiden Joko Widodo memberikan arahan kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia (MenPAN RB), Muhammad Azwar Anas, terkait rencana perekrutan Aparatur Sipil Negara (ASN) tahun 2024. Dalam pertemuan di Istana Negara, Jakarta, Jumat (29/12/23), Jokowi menekankan agar sejumlah ASN fresh graduate diberikan prioritas penempatan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Muhammad Azwar Anas mengungkapkan hal ini dalam konferensi pers setelah rapat terbatas dengan Presiden Jokowi. “Kami baru saja melaporkan mengenai perencanaan rekrutmen ASN tahun 2024. Beliau berharap agar fresh graduate yang memiliki potensi diarahkan ke IKN. Ini merupakan salah satu fokusnya,” ujar Azwar Anas.

Pemerintah berencana membuka perekrutan ASN pada tahun 2024, khususnya untuk lulusan baru universitas yang memiliki keahlian di bidang talenta digital. Meskipun begitu, Azwar Anas belum bersedia mengungkapkan jumlah formasi yang akan dibuka. “Saya belum dapat mengumumkan jumlahnya hari ini karena Presiden akan mengumumkan pada minggu pertama Januari,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Azwar Anas menyampaikan bahwa akan ada penyelesaian terkait 1,6 juta Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). “Kami akan menyelesaikan PPPK tersebut, dan skenario rekrutmen akan disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah,” tambahnya.

Sementara itu, terkait perekrutan dengan prinsip afirmasi atau kuota putra asli daerah, Azwar Anas belum dapat merinci persentase yang akan ditentukan pada CPNS 2024.

Begitu juga dengan alokasi kuota untuk ASN asal daerah Kalimantan. “Terdapat permintaan afirmasi dari berbagai daerah, misalnya alokasi 10-20 persen untuk putra daerah. Namun, mereka tetap harus mengikuti seleksi. Keputusan lebih lanjut akan diumumkan dalam waktu dekat,” jelasnya.

Komentar