Jokowi Serahkan Bantuan Pangan di Sumut Sebagai Respons Terhadap Kenaikan Harga Beras!

JurnalPatroliNews – Sumut – Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara langsung menyerahkan bantuan pangan cadangan beras pemerintah kepada keluarga penerima manfaat (KPM) di Gudang Bulog GDT (Gudang Daerah Tertinggal) Huta Lombang, Kabupaten Padang Lawas, Provinsi Sumatera Utara, Pada hari Jumat (15/03/24).

Dalam sambutannya, Jokowi menjelaskan bahwa bantuan tersebut merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam menghadapi lonjakan harga beras yang terjadi belakangan ini.

“Jadi Bapak Ibu sekalian, beras ini diberikan kepada Bapak Ibu karena harga beras sekarang naik,” ucap Jokowi, Jumat (15/03/24).

Jokowi juga menegaskan bahwa kenaikan harga beras tidak hanya terjadi di Indonesia, tetapi juga di seluruh dunia. Hal ini disebabkan oleh perubahan iklim yang mengakibatkan kegagalan panen di beberapa negara.

“Ada perubahan iklim, ada yang panen gagal karena perubahan iklim, hujan terlalu deras, kering terlalu panjang, banyak negara yang juga sama dengan kita gagal panen sehingga karena suplainya sedikit, yang makan tetap atau tambah banyak sehingga harganya naik,” jelasnya.

Presiden memastikan bahwa semua masyarakat yang hadir telah menerima bantuan pangan yang diberikan oleh pemerintah. Beliau juga menegaskan bahwa penyaluran bantuan akan terus dilakukan selama Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) memungkinkan.

“Nanti kalau APBN kita lihat ada ruang untuk anggaran ini akan dilanjutkan, tapi janji dari pemerintah sampai bulan Juni dulu,” ujar Jokowi.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi, Pj. Gubernur Sumatera Utara Hassanudin, dan Pj. Bupati Padang Lawas Edy Junaedi.

Komentar