Pasca Kecelakaan Maut Di Tol Japek, Korlantas Polri Bakal Evaluasi Contraflow

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Pasca kecelakaan maut yang menyebabkan 12 orang meninggal dunia, di KM 58+600 arah Jakarta, pada ruas jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek), Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, menyatakan bakal melakukan evaluasi.

Evaluasi dimaksud, terkait penerapan skema lawan arah atau contraflow, di ruas Tol Jakarta-Cikampek pada masa mudik Lebaran 2024 ini.

“Dari kejadian tadi kita evaluasi ya, kita evaluasi,” kata Irjen Aan Suhanan, Kakorlantas Polri, di gedung Jasa Marga Km 70, Tol Jakarta-Cikampek, Senin (8/4/24).

Aan mengungkapkan, kebijakan relaksasi yang dilakukan pihaknya, bukan tanpa alasan. Menurutnya, relaksasi mulanya diterapkan untuk mengakomodir kendaraan yang berasal dari arah Bandung.

https://jurnalpatrolinews.co.id/“Waktu itu, dua ribu sekian itu sempat rame, akhirnya kita relaksasi contraflow. Kenapa contraflow, karena jarak dari (KM) 47 ke 70 ini dianggap jarak yang memungkinkan 22 kilo, ini masih memungkinkan,” ujarnya.

“Tadi ada yang bertanya, rest area seperti apa itu setelah 70 masih ada rest area, ada di 86, 102 dan sebagainya,” jawabnya.

Meski demikian, Aan memastikan, bakal mengevaluasi penerapan skema lalu lintas itu. Ia memgatakan, ada kemungkinan untuk menggunakan formula baru dalam mengawal kelancaran lalu lintas pada arus balik nantinya.

“Kita akan evaluasi dengan kejadian tadi, nanti pada arus balik, mungkin ada formula baru, nanti akan kita bicarakan dengan seluruh stakeholeder yang ada. Tentu semuanya ini untuk keselamatan dan kelancaran,” tandasnya.

Komentar