Politisasi Birokrasi, KPK Ingatkan: PNS Jangan Ikut-ikutan Kampanye Pilpres!

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengingatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) menjaga netralitas dalam Pemilihan Umum 2024. KPK menyebut ASN yang netral dalam Pemilu 2024 merupakan awal dari pemerintah bersih setelah 2024.

“Pesta demokrasi ini adalah awal pondasi sistem pemerintah nasional ke depan. ASN merupakan pilar penyelenggara pemerintah. Sebagai pilar kuat, ASN harus berintegritas; profesional; netral; serta bersih dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN),” pesan Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron, pada webinar yang diselenggarakan oleh Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), Rabu (18/10/2023).

Dia mengatakan ASN memang rawan melakukan politisasi birokrasi hingga korupsi melalui beragam modus. Menurut dia, kerawanan itu muncul dengan memanfaatkan statusnya di lingkungan pemerintah pusat maupun daerah. Ghufron mengingatkan pentingnya integritas diri di setiap ASN dalam menghadapi Pemilu 2024.

“Jika Pemilu sudah tidak berintegritas, maka bisa menghasilkan ASN yang tidak berintegritas. Jika ASN tidak berintegritas, bisa terjadi sistem mutasi pegawai, pengadaan barang/jasa, yang diperjualbelikan,” kata dia.

Komentar