Sepakat 18 T, RI – China Bahas Cost Overrun  Kereta Cepat Jakarta – Bandung

JurnalPatroliNews – Jakarta – Pembicaraan keberlanjutan proyek Kereta Cepat Jakarta – Bandung telah menemui titik terang. Saat ini sudah ada kesepakatan antara pihak China dan Indonesia terkait biaya cost overrun atau pembengkakan biaya.

Sebelumnya perwakilan dari pihak Indonesia dikirim ke Beijing China, untuk melakukan negosiasi terkait cost overrun dengan China Railways Investment Corporation, Beijing Yawan HSR Co. Limited, China Development Bank, dan National Development and Reform Commission (NDRC).

Salah satu delegasi, yakni Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo mengungkapkan, saat ini sudah ada kesepakatan dengan pihak China terkait Cost Overrun dari hasil pembicaraan itu.

“Sudah, sedang kita proses tata kelolanya,” kata Tiko kepada rekan media, dikutip Senin (13/2/2023).
Dari hasil kesepakatan itu ada pergeseran angka pembengkakan yang disepakati, menjadi US$ 1,2 miliar dari US$ 1,4 miliar mengacu pada perhitungan dari Badan Pengawas Keuangan Pembangunan (BPKP). Jumlah  ini menyusut dari sebelumnya Rp 21 miliar menjadi Rp 18 miliar.

“Udah di kisaran US$ 1,2 miliar, ada pergeseran mekanisme pengakuan pendapatan/biaya yang merubah pola pembayaran pajak dan ada beberapa efisiensi di beberapa cost item,” kata Tiko.

Komentar