Tawaran Mengejutkan, PDIP Ajak Demokrat Kerjasama di Pilpres 2024

JurnalPatroliNews – Jakarta, – PDIP melalui Sekretaris Jendral, Hasto Kritiyanto memberikan pernyataan mengejutkan, bahwa pihaknya menawarkan Partai Demokrat untuk melakukan kerjasama dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2024.

Pernyataan Hasto muncul merespons pertanyaan mengenai keseriusan PDIP dalam mengajak Demokrat. “Kami dengan kerendahan hati menawarkan (Demokrat) suatu kerjasama,” kata Hasto di Kantor DPP PDIP, mengutip rekan media, Sabtu (10/6/2023).

Hasto kemudian berpendapat bahwa Ganjar diterima masyarakat. Elektabilitas calon presiden (capres) usungan PDIP ini, klaim Hasto melonjak meski baru dua bulan dideklarasikan.

Di kesempatan itu, Hasto membandingkan elektabilitas Ganjar dengan bakal calon presiden (bacapres) lain. Namun, dia tak menyebut secara rinci nama pesaing Ganjar.

“Baru dalam waktu 50 hari sekitar itu diumumkan, langsung elektoralnya melejit. Dibandingkan yang sudah sembilan bulan, tujuh bulan [diumumkan],” ucap dia.

Di kesempatan itu, Hasto menilai keputusan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri untuk menunjuk Ganjar sangatlah tepat.

PDIP mengusung Ganjar menjadi bacapres partai tersebut pada April lalu. Sejauh ini, ia telah mengantongi dukungan dari empat partai politik.

Partai itu di antaranya PDIP dan PPP selaku partai parlemen, serta Partai Hanura dan Perindo yang merupakan partai non-parlemen.

Sinyal PDIP mengajak kerja sama Demokrat sebetulnya pernah mencuat. Ketika itu, Ketua DPP PDIP Puan Maharani mengungkapkan beberapa nama tokoh yang masuk radar cawapres Ganjar.

Nama-nama tersebut adalah Mahfud MD, Erick Thohir, Sandiaga Uno, hingga Agus Harimurti Yudhoyono selaku Ketua Umum Partai Demokrat.

Kendati demikian, Puan mengaku PDIP masih mempertimbangkan sosok paling tepat yang bisa mendampingi Ganjar.

Komentar