HeadlineHukum

Tinjau Langsung! Kapolri Pantau Kesiapan Command Center Polda Bali Jelang KTT G20

Beno
×

Tinjau Langsung! Kapolri Pantau Kesiapan Command Center Polda Bali Jelang KTT G20

Sebarkan artikel ini
Foto: ANTARA

JurnalPatroliNews – Jakarta – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengecek secara langsung kesiapan Command Center Polda Bali sebagai salah satu pusat kendali pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada 15–16 November 2022. Ia menyampaikan Command Center Polda Bali siap membantu kerja pengamanan TNI dan Polri terutama dalam memantau pergerakan dan aktivitas di lokasi KTT G20 dan tempat-tempat yang dilewati oleh delegasi.

“Baru saja kami melaksanakan peninjauan langsung soal simulasi (pengamanan KTT G20) yang dikendalikan langsung di ruang Command Center. Dari ruang Command Center ini kurang lebih 16 fitur yang tersambung dari berbagai macam kementerian sehingga kami bisa mengikuti perkembangan secara real time,” kata Kapolri di depan Gedung Command Center Polda Bali, Denpasar, Bali, Sabtu 5 November 2022.

JPN - advertising column


Example 300x600
JPN - advertising column

Sigit melanjutkan Command Center Polda Bali tersambung dengan ribuan kamera pengawas yang ada di Bali khususnya di Kota Denpasar dan Kabupaten Badung.

“Kami dapat mengetahui gelaran anggota di lapangan, dan pergelaran peralatan, termasuk jumlahnya berapa kami bisa monitor secara langsung. Kemudian, jalur yang dilewati (delegasi) mulai sejak titik kedatangan di bandara mengarah pada akomodasi (penginapan delegasi), dan venue (lokasi acara),” kata Listyo Sigit.

Hasil pantauan dari Command Center itu, Kapolri menjelaskan, dapat membantu kepolisian memantau pergerakan delegasi KTT G20 sehingga polisi dapat bergerak lebih cepat manakala ada insiden terjadi.

“Apabila ada hambatan (pergerakan delegasi), maka kami siapkan jalur alternatif, dan semua itu bisa kami lihat dan terpantau di Command Center sebagai pusat komando dan kendali operasi,” kata Listyo.

Mengecek fitur pengenalan wajah

Kapolri pada kesempatan yang sama juga mengecek fitur pengenalan wajah (face recognition) yang ada di sistem Command Center Polda Bali. Fitur pengenalan wajah itu memungkinkan polisi mengidentifikasi wajah orang-orang yang terekam oleh kamera pengawas (CCTV) di area Bali.

Di Command Center Polda Bali, polisi dapat mengenali wajah orang-orang yang melintas tidak hanya dari kamera pengawas, tetapi juga dari kamera yang terpasang di baju polisi (body-worn camera).

“Kami minta semuanya deteksi langsung baik yang menggunakan kamera statis, kamera body-worn, dan yang diberikan fasilitas face recognition sehingga dari awal kami sudah mengetahui data-data orang tertentu yang memang ada dalam pantauan pengamanan,” kata dia.

Penulis: lk/*Editor: Beno