Wuih! Emas Antam Cuan Minggu Ini Ibu-Ibu, Gak Mau Beli Lagi?

JurnalPatroliNews – Jakarta, Harga logam mulia emas produksi PT Aneka Tambang Tbk (Antam) mengalami apresiasi di minggu ini. Kenaikan harga emas Antam mengekor harga emas global yang juga bergerak naik pekan ini. 

Pada Jumat (25/9/2020), harga emas Antam untuk 1 gramnya dibanderol Rp 1.009.000. Kemudian pada perdagangan kemarin, harga logam mulia tersebut dipatok Rp 1.015.000/gram.

Dalam sepekan harga emas Antam naik Rp 6.000/gram atau menguat 0,59%. Pada saat yang sama, harga emas global juga mengalami kenaikan sebesar 2,08%. Maklum keduanya masih satu golongan aset kelas, sehingga pergerakan harganya menunjukkan korelasi yang positif.

Harga emas global sempat kembali mencicipi level psikologis US$ 1.900/troy ons. Namun pekan ini harga emas harus puas ditutup di US$ 1.898,7/troy ons. Setidaknya sangat dekat dengan level resisten terdekatnya.

Berbagai peristiwa dan kabar yang beredar cukup membuat harga emas terdongkrak. Mulai dari adanya titik terang seputar paket stimulus bantuan Covid-19 AS senilai US$ 2,2 triliun hingga Trump dan sang istri yang dikabarkan positif terjangkit Covid-19.

Seperti yang diketahui, emas dunia mengalami apresiasi lebih dari 20% sepanjang tahun ini salah satunya dipicu oleh stimulus jumbo yang digelontorkan pemerintah dan bank sentral global.

Injeksi likuiditas ke sistem keuangan dan pasokan uang yang terus dipompa membuat adanya ekspektasi inflasi yang lebih tinggi di masa depan. Orang pun berbondong-bondong mencari suaka dari depresiasi nilai tukar dengan masuk ke emas dan membuat harganya melambung.

Di sisi lain, pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai membuatnya masih menjadi risiko bagi pemulihan ekonomi global. Ke depan prospek masih suram dan penuh ketidakpastian.

Tantangan berat yang dihadapi perekonomian tersebut berpotensi membuat harga emas kembali bergerak naik. Kepala strategi komoditas di TD Securities Bart Melek mengatakan jika harga emas bisa tembus ke atas US$ 1.900/troy ons, maka logam kuning tersebut berpotensi untuk naik lebih tinggi lagi.

Ketika harga emas dunia menguat, maka ini akan menjadi sentimen positif juga untuk harga emas Antam. Ke depan harga emas diperkirakan masih bisa kembali menyentuh level US$ 2.000/troy ons.

“Banyak faktor yang mempengaruhi, tetapi hal tersebut akan menjadi lebih buruk terlebih dahulu sebelum membaik, oleh karena itu emas bakal mendapat untung dan kembali ke level US$ 2.000” pungkasnya, melansir Reuters.

(cnbc)

Komentar