Giliran Jenderal Napoleon Masuk Ruang Isolasi

JurnalPatroliNews, Jakarta – Kasus penganiayaan oleh Irjen Napoleon Bonaparte saat Muhammad Kace ditahan di ruang isolasi, tengah disidik oleh penyidik Bareskrim. Kini giliran Irjen Napoleon yang mendekam di ruang isolasi tahanan.

Kace Diisolasi Sebagai SOP Tahanan Baru

Bedanya, Irjen Napoleon masuk ke ruang isolasi untuk kepentingan penyidikan oleh Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim yang sedang berjalan. Sedangkan Kace kala itu berada di ruang isolasi karena menjalani prosedur awal penahanan.

Kabareskrim Komjen Agus Andrianto menjelaskan Kace diisolasi sebelum bergabung dengan tahanan lain.

“SOP nya memang begitu. Transisi bergabung dengan tahanan yang lain,” kata Agus, Rabu (22/9/2021).

Awal Mula Penganiayaan

Sementara itu, Dirtipidum Bareskrim Brigjen Andi Rian Djajadi mengatakan Irjen Napoleon masuk ke sel isolasi Kace bersama 3 tahanan lainnya pada 26 Agustus 2021 sekitar pukul 00.30 WIB. M Kace sendiri mulai menjalani masa penahanan di rutan pada 25 Agustus 2021 sore.

“Tapi secara umum (kronologi penganiayaan) diawali masuknya NB (Napoleon Bonaparte) bersama 3 napi lainnya ke dalam kamar korban MK (Muhammad Kace) pada sekitar pukul 00.30 WIB,” ujar Andi saat dihubungi, Senin (20/9).

Andi menyebut Irjen Napoleon kemudian menyuruh tahanan lain mengambil plastik putih yang ada di kamarnya. Plastik putih itu berisi kotoran manusia yang sudah disiapkan Irjen Napoleon.

“Satu orang saksi napi lainnya kemudian disuruh mengambil plastik putih ke kamar NB yang kemudian diketahui berisi tinja (kotoran manusia),” ucapnya.

Andi membeberkan Napoleon memulai penganiayaan dengan cara melumuri wajah dan badan M Kace menggunakan kotoran manusia itu. Setelah itu, barulah Kace dipukul Napoleon.

“Oleh NB kemudian korban dilumuri dengan tinja pada wajah dan bagian badannya. Setelah itu berlanjut pemukulan/penganiayaan terhadap korban MK oleh NB,” ujarnya.

Irjen Napoleon Aniaya M Kace Dibantu Eks FPI
Sebelumnya, terungkap fakta baru terkait dugaan penganiayaan yang dilakukan Irjen Napoleon Bonaparte ke Muhammad Kace. Ternyata, Irjen Napoleon tidak menganiaya Kace sendiri, melainkan dibantu tiga tahanan lain yang salah satunya adalah mantan Panglima Laskar FPI.

Dia adalah Maman Suryadi, mantan Panglima Laskar FPI yang juga merupakan terdakwa kasus kerumunan Petamburan, Jakarta Pusat. Polisi menyebut Irjen Napoleon menggandeng Maman untuk menakut-nakuti Kace.

“Salah satunya adalah napi dalam kasus yang melibatkan organisasi eks FPI ya, (inisial) M,” ujar Dirtipidum Bareskrim Brigjen Andi Rian Djajadi kepada wartawan, Selasa (21/9).

Menurut Brigjen Andi, Irjen Napoleon mengajak Maman Suryadi untuk menakut-nakuti Kace. Maman dan dua tahanan lainnya bertujuan untuk melemahkan psikologis Kace.

Menurut Brigjen Andi, Irjen Napoleon mengajak Maman Suryadi untuk menakut-nakuti Kace. Maman dan dua tahanan lainnya bertujuan untuk melemahkan psikologis Kace.

“Yang tiga orang lainnya ini hanya digunakan, untuk memperkuat, kalau bisa saya katakan hanya untuk memperlemah kondisi psikologis daripada korban,” ungkapnya.

Giliran Irjen Napoleon Diisolasi
Setelah Kace, kini giliran Irjen Napoleon yang diisolasi. Andi mengatakan Irjen Napoleon diisolasi sejak kemarin.

“Untuk kepentingan saksi-saksi dan penyidikan, sejak tadi malam, Bareskrim mengisolasi NB,” ujar Dirtipidum Bareskrim Brigjen Andi Rian Djajadi saat dihubungi, Rabu (22/9/2021).

Lalu apa maksud isolasi yang dilakukan terhadap Irjen Napoleon? Brigjen Andi memberikan penjelasannya.

“Iya betul. Tidak boleh keluar kecuali untuk kepentingan penyidikan,” tuturnya.

detikcom

Komentar