Iran Dapat Mengerahkan 200 Rudal di Irak Untuk Menyerang Israel

Jurnalpatrolinews – Beirut : Dengan meningkatnya ketegangan dengan IranĀ , Israel khawatir bahwa Republik Islam dapat mengerahkan hingga 200 rudal jarak jauh di Irak yang dapat digunakan untuk menyerang negara Yahudi tersebut.Ā Iran sudah diyakini memiliki ratusan rudal yang bisa mencapai Israel.

Sementara kemungkinan konfrontasi langsung antara Israel dan Iran dianggap rendah, ketegangan yang meningkat di Korea Utara di tengah kemungkinan konfrontasi di Suriah atau Lebanon, juga dapat menarik Iran untuk membalas.

Alasan bagiĀ IranĀ untuk mengerahkan rudal di Irak dan meluncurkannya dari sana melawan Israel adalah untuk mencoba dan mencegah pembalasan langsung IDF terhadap target di wilayah Iran.

Israel dilaporkan telah meningkatkan serangannya terhadap infrastruktur Iran di Suriah dalam beberapa pekan terakhir.Ā Pada Senin pagi, pesawat Angkatan Udara Israel dilaporkan menyerang sasaran di dekat Damaskus, serangan kedua dalam seminggu.

Serangan udara itu terjadi tepat ketika latihan militer kejutan yang mencakup seluruh wilayah utara Israel diumumkan.Ā Dijuluki “Vered Hagalil”, latihan udara besar-besaran yang dimulai pada hari Senin diluncurkan untuk membantu mempersiapkan IAF untuk perang di masa depan dengan Hizbullah.

Israel saat ini tidak percaya bahwa Hizbullah tertarik pada perang baru tetapi intelijen militer berpendapat bahwa ada kemungkinan yang relatif tinggi untuk “pertempuran beberapa hari” antara IDF dan organisasi gerilya yang didukung Iran.

Hal ini diyakini sebagai akibat dari kegagalan kelompok tersebut untuk membalas pembunuhan salah satu operasinya musim panas lalu dalam serangan udara di Suriah, yang dikaitkan dengan IAF.Ā Ilustrasi ini terlihat dua minggu lalu ketika Hizbullah menembakkan rudal permukaan-ke-udara ke pesawat tak berawak Israel yang berpatroli di selatan Lebanon.Ā Seandainya drone itu diserang, pejabat Israel mengatakan bahwa IDF akan diperintahkan untuk merespons secara agresif.

Selama latihan Vered Hagalil, peningkatan jumlah jet tempur dan helikopter akan dirasakan di seluruh negeri, dan sejumlah ledakan mungkin terdengar di Israel utara.Ā Latihan tersebut diharapkan berakhir pada Rabu.

Latihan “Vered Hagalil” mensimulasikan skenario pertempuran di front Utara, dan akan menguji semua komponen dalam misi inti IAF, termasuk menjaga superioritas udara, melindungi langit negara, serta menyerang dan mengumpulkan intelijen.Ā  (***/.dd-jpst)

Komentar