InternasionalKeuangan

Kabarnya Dibeli Sebelum Ada PHK, Intip Rumah Mewah Baru Bos Shopee di Kawasan Atherton

Beno
×

Kabarnya Dibeli Sebelum Ada PHK, Intip Rumah Mewah Baru Bos Shopee di Kawasan Atherton

Sebarkan artikel ini

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Pemilik induk perusahaan Shopee dan CEO Sea Group, Forrest Li dikabarkan baru saja membeli rumah mewah baru. Pembelian unit rumah tersebut kabarnya dilakukan sebelum Shopee melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK).

Menurut media AS yang meliput bisnis real estate, Dirt, rumah tersebut dibeli dari bintang bola basket NBA Stephen Curry pada musim gugur tahun lalu. Sementara PHK Shopee terjadi pada tahun ini.

JPN - advertising column


Example 300x600
JPN - advertising column

Di Indonesia misalnya, baru terjadi pada bulan September lalu dengan memangkas 3% dari karyawannya. Di level global, gelompang PHK Shopee sudah terjadi sejak Juni.

Selain Indonesia, terdapat sejumlah negara lain yang mengalami nasib serupa. Di antaranya yakni Thailand (10%), Taiwan, Singapura, dan Filipina (kurang dari 10%). Selama 6 bulan saja, Sea dilaporkan merumahkan 7.000 orang atau 10% dari total pegawainya yang ada di seluruh dunia.

Sejalan dengan melakukan PHK di beberapa pasarnya, Forrest Li juga mengumumkan para petinggi tidak menerima gaji dari perusahaan. Laporan bulan September dari Bloomberg menyatakan pengumuman itu terlihat dalam memo internal 1.000 kata yang ditunjukkan untuk seluruh staf.

Selain gaji, Sea juga melakukan pemangkasan sejumlah biaya operasional perusahaan. Mulai dari hanya menggunakan kelas ekonomi untuk perjalanan bisnis dan biaya makanan hingga US$30. Selain itu biaya menginap di hotel menjadi US$150 per malam dan potongan pada reimburse tagihan makanan dan hiburan.

Sebagai informasi, Forrest Li membeli rumah di kawasan Atherton, California, Amerika Serikat (AS) dengan harga US$31,2 juta atau Rp 485 miliar.

Dirt menuliskan rumah baru Forrest Li itu memiliki luas total 7.500 meter persegi atau 700 meter persegi. Rumah tersebut memiliki 4 kamar tidur dan 6 kamar mandi, serta ada kolam renang, perapian, dan tempat barbeque.

Rumah Forrest Li juga dilengkapi sebuah rumah tamu kecil dengan garasi yang bisa memuat tiga mobil. Di bagian atasnya juga terdapat ruang serbaguna.

Penulis: lk/*Editor: Beno