Obat-obatan Buatan AstraZeneca, Ditarik dari Pasaran, Alasannya…?

JurnalPatroliNews – Amerika Serikat – Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC AS) mendesak orang dengan sistem kekebalan yang lemah untuk kembali melakukan tindakan pencegahan ekstra.

Ini termasuk mengenakan masker, menerapkan jarak sosial dan menghindari keramaian di dalam ruangan. Pedoman tersebut muncul setelah Administrasi Makanan dan Obat-obatan (FDA) menarik otorisasi Evusheld pekan lalu, sebagaimana dilaporkan rekan media, dikutip Senin (30/1/2023).

Obat antibodi kombinasi buatan AstraZeneca ini dilaporkan tak mempan mencegah Covid-19 subvarian Omicron yang dominan, padahal ia digunakan oleh mereka yang memiliki sistem kekebalan lemah sebagai perlindungan tambahan. “FDA menarik Evusheld karena tidak efektif melawan 95% subvarian Omicron yang beredar di AS. Ini termasuk subvarian XBB yang sekarang menyebabkan 64% kasus baru, serta keluarga BQ yang bertanggung jawab atas 31% infeksi yang dilaporkan,” bunyi laporan itu.

Meskipun sebagian besar orang Amerika telah kembali ke kehidupan normal karena kasus pandemi Covid menurun, orang dengan sistem kekebalan yang lemah tetap berisiko lebih tinggi terkena penyakit parah. Apalagi mereka tidak memiliki respons kekebalan yang kuat terhadap vaksin. “Jadi, penting bagi orang dengan sistem kekebalan yang lemah untuk tetap mendapatkan vaksin Covid mereka dengan menerima penguat Omicron karena suntikan tersebut dapat memangkas risiko penyakit parah,” kata CDC AS.

Komentar