Perang Antar Genk Narkoba Terulang, Puluhan Napi Tewas !

Lebih dari 300 tahanan telah terbunuh tahun ini dalam sistem penahanan kriminal Ekuador, di mana ribuan narapidana yang terikat dengan geng narkoba terlibat dalam bentrokan kekerasan yang sering berubah menjadi kerusuhan.

Kerusuhan September adalah salah satu pembantaian penjara terburuk dalam sejarah Amerika Latin, dan kekerasan mematikan terbaru di Guayaquil hanya menegaskan kembali keadaan penjara Ekuador yang buruk.

Geng-geng narkoba saingan telah melancarkan perseteruan berdarah di penjara Guayas 1 di Guayaquil, sebuah fasilitas yang dirancang untuk 5.300 narapidana, tetapi menampung 8.500.

Bahkan setelah tindakan keras setelah tragedi 28 September yang menewaskan 119 orang, kerusuhan tetap ada, dengan setidaknya 15 narapidana lainnya meninggal sebelum kekerasan yang mematikan pada hari Jumat.

Dua minggu setelah bencana September, Presiden Guillermo Lasso mengumumkan keadaan darurat selama 60 hari dalam upaya untuk menjinakkan gelombang kerusuhan terkait narkoba di Ekuador.

Kekerasan telah melonjak secara dramatis dalam beberapa bulan terakhir di Ekuador, di mana ekonomi sedang terpuruk.

Antara Januari dan Oktober tahun ini, negara itu mencatat hampir 1.900 kasus pembunuhan, dibandingkan dengan sekitar 1.400 di seluruh tahun 2020, menurut pemerintah. (***)

Komentar