Anggaran Rp15.000 per Anak Disiapkan Untuk Program Makan Siang Gratis, Ini Detailnya!

JurnalPatroliNews – Jakarta – Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, pemerintah telah mengalokasikan anggaran makan siang gratis sebesar Rp 15.000 untuk setiap anak di Indonesia dalam pembicaraan APBN 2025.

Airlangga menjelaskan bahwa anggaran tersebut akan didistribusikan secara merata di seluruh wilayah Indonesia. Namun, rincian total anggaran dalam APBN 2025 belum dapat diungkapkan karena pembicaraan mengenai hal ini masih dalam tahap awal.

“Per anak kira-kira Rp 15.000. Ya itu kan bisa dibuat macam-macam,” ucap Airlangga saat ditemui di kantornya, Jakarta, Senin (26/2/24).

Meskipun demikian, belum ada detail pembicaraan terperinci mengenai program makan siang gratis setelah pembahasan APBN 2025 di Istana Negara pagi tadi, seperti yang disampaikan Airlangga.

Sebagaimana yang telah diketahui, pada pagi hari Presiden Joko Widodo mengadakan rapat kabinet paripurna untuk membahas rencana kerja pemerintah (RKP) dan Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (KEM-PPKF) sebagai panduan untuk penyusunan APBN 2025.

“Nanti ada pembahasan detail,” kata Airlangga.

Airlangga menegaskan bahwa anggaran sebesar Rp 15.000 per anak tersebut tidak termasuk dalam program susu gratis. Sementara mengenai menu makanan, keputusan akan diserahkan kepada pemerintah daerah dengan mempertimbangkan anggaran Rp 15.000 per anak sebagai pedoman.

“Jadi diluar susu ya, (untuk menu) itu nanti dilepaskan ke daerah masing-masing kan, kita tidak menyeragamkan,” pungkasnya.

Komentar