Bupati Minahasa Utara Turun Langsung Proses Pengurusan Sertipikat Tanah di BPN Minut

  • Whatsapp
Bupati Minahasa Utara (Minut) Joune Ganda melakukan kunjungan ke kantor BPN Minut

JurnalPatroliNews – Minut,– Tanah sebagai salah satu alat produksi utama merupakan faktor terpenting dalam mencapai kesejahteraan masyarakat.

Olehnya, butuh kehadiran negara dalam membantu menyelesaikan konflik agraria yang sering terjadi.

BACA JUGA :

Terpantau, Kamis (16/9/2021), Bupati Minahasa Utara (Minut) Joune Ganda melakukan kunjungan ke kantor Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR BPN) Minut yang berada di kompleks perkantoran Pemerintah Kabupaten Minut.

Dalam kunjungan tersebut, Bupati Minut didampingi Kepala BPN Minut Budi Tarigan, melihat langsung pengurusan sertipikat tanah masyarakat, mulai dari alur pendaftaran sampai proses penerbitan sertipikat.

Dalam diskusi bersama Bupati Minut, Kepala BPN Minut Budi Tarigan menjelaskan berbagai tantangan yang dihadapi dalam melakukan pemantauan dan evaluasi hak atas tanah.

Adapun pemantauan dan evaluasi hak atas tanah itu dilakukan sebagai upaya pengendalian hak atas tanah dan alih fungsi lahan.

ATR/BPN sendiri memiliki empat tugas dan fungsi yaitu pemanfaatan dan penggunaan tanah terkait tata ruang, pemeliharaan tanah untuk konservasi, serta penyediaan tanah.

“Sertipikat tersebut tentunya akan memberikan kepastian hukum hak atas tanah kepada masyarakat karena itu pemerintah kabupaten mendukung tugas kerja BPN,” ujar Bupati Minut.

Pos terkait