RSUD Buleleng Siap Hadirkan Layanan Ring Jantung Tahun Akhir 2023

JurnalPatroliNews.co.id – Singaraja,- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Buleleng pada akhir tahun 2023 berencana meluncurkan layanan baru bagi para penderita penyakit jantung, yakni pemasangan ring jantung.

Hal itu disampaikan dengan antusias oleh Direktur RSUD Buleleng, Dr. Putu Arya Nugraha, dalam acara talkshow kesehatan yang berlangsung di Buleleng Development Festival (BDF) 2023,Minggu (20/8/2023).

Layanan terbaru ini diakui oleh Dr. Putu Arya Nugraha sebagai langkah signifikan dalam memberikan perawatan bagi penderita penyakit jantung. Menurutnya, penyakit jantung memerlukan penanganan segera, dan hadirnya layanan pemasangan ring jantung akan menjadi solusi bagi pasien di Kabupaten Buleleng. Saat ini, layanan serupa hanya dapat ditemukan di RSUP Dr. I.G.N.G Ngoerah, yang berada di Denpasar.

“Kami berusaha agar pasien serangan jantung tidak perlu lagi menempuh perjalanan dari Buleleng menuju Denpasar yang memakan waktu 3-4 jam. Dengan adanya layanan pemasangan ring jantung di RSUD Buleleng, pasien dapat segera mendapatkan perawatan yang mereka butuhkan,” paparnya.

Arya juga menjelaskan bahwa fasilitas untuk layanan pemasangan ring jantung sudah mencapai tahap akhir konstruksi sekitar 65%. Anggaran untuk peralatan medis tersebut telah disiapkan pada tahun ini, sehingga ditargetkan peralatan tersebut dapat segera dimanfaatkan sebelum pergantian tahun. SDM berupa dokter spesialis yang dapat melakukan layanan tersebut pun sudah disiapkan.

“Kami telah menyiapkan satu dokter spesialis untuk layanan ini. Target kami adalah meluncurkan layanan ini paling lambat pada bulan Desember 2023,” tambahnya.

Komentar