Bisa Tekan Biaya Haji, DPR Usul Pemerintah Bangun RS di Madinah Arab

JurnalPatroliNews – Jakarta – Musim Haji dan Umroh yang mulai dibuka kembali oleh Pemerintah Arab Saudi usai Pandemi Covid-19 ini, Qolba Lubis Iskan, Anggota Komisi VIII DPR RI, mengusulkan, agar Indonesia bisa membangun fasilitas Rumah Sakit (RS) sendiri, di kota Madinah Arab Saudi. Hal ini bertujuan, untuk pelayanan Kesehatan, bagi para jemaah Haji dan peserta Umroh dari Indonesia.

Ia mengatakan, alasannya banyak sekali. Mulai dari ukuran Obat-obatan, Dosis, makanan, hingga fisik, antara orang Indonesia dengan Arab.

“Kita ingin ke depan supaya kita boleh membuka Rumah Sakit, cita-cita kita. Itu, kan, di seluruh Dunia boleh saja, karena obat standar Arab itu, kan, beda dengan kita, tabletnya gede-gede, kita kecil-kecil, dosisnya juga beda, makanan beda. Jadi kita upayakan nanti punya rumah sakit sendiri supaya jemaah bisa tertangani secara optimal,” kata Iskan dalam keterangan tertulisnya dari Madinah, Jumat (24/6/22).

Ia melihat, pelayanan yang ditemuinya saat berkunjung ke Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) di Madinah, setara dengan pelayanan pada rumah sakit tipe C di Indonesia. Selain itu, dirinya berpendapat, Pemerintah Arab Saudi juga akan mengijinkan, jika Pemerintah Indonesia ingin membangun Fasilitas RS di sana.

Komentar