Bukan Hanya Jabar, Ini 12 Daerah Lain Yang Terancam Diterjang Tsunami Raksasa!

  • Whatsapp
Ilustrasi

Jurnalpatrolinews – Bandung : Institut Teknologi Bandung (ITB) merilis terkait zona seismic gap yang berpotensi sebagai sumber gempa besar (megathrust) di selatan Pulau Jawa.

“Skenario terburuk, yaitu jika segmen-segmen megathrust di sepanjang Jawa pecah secara bersamaan, menunjukkan bahwa tinggi tsunami dapat mencapai 20 meter di pantai selatan Jawa Barat dan 12 m di selatan Jawa Timur,” jelas Dekan Seismologi ITB, Profesor Sri Widiyantoro, Ph.D.

Bacaan Lainnya

Prediksi potensi tsunami tersebut, kata Sri Widiyantoro diperoleh melalui pengolahan data yang diambil dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dan data Global Positioning System (GPS). BMKG mengatakan ada pergerakan tektonik yang cukup aktif di wilayah Indo-Australia dengan Eurasia.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono mengatakan, selatan Pulau Jawa menjadi salah satu yang mungkin paling akan terdampak dari patahan lempeng tersebut.

“Ada (Pergerakan) lempeng tektonik di Indo-Australia dengan Eurasia atau Lempeng Sunda di sebelah utaranya, sehingga lokasinya ada di selatan Jawa. Di laut lepas,” ucap Rahmat Triyono.

Terkait prediksi potensi tsunami yang dikeluarkan dari riset ITB, Rahmat Triyono mengatakan kemungkinan potensi itu dapat dilihat dari adanya seismic gap atau kekosongan kegempaan dalam periode waktu yang cukup panjang dengan magnitudo yang cukup signifikan.

“Jadi data-data dari adanya seismic gap di selatan Jawa, dan itu sebetulnya dua segmen. Di situ ada dua segmen yang bila terjadi patahan secara bersamaan akan menimbulkan gempa magnitudo 9,1,” tambahnya.

Dan jika gempa itu terjadi ia mengatakan gempa tersebut dapat memicu patahan di segmen atau lempeng lain sehingga menimbulkan gempa bumi dengan magnitudo yang maksimal.

Rahmat Triyono menambahkan, potensi tsunami itu tidak hanya bisa terjadi di selatan Pulau Jawa saja, namun banyak wilayah di Indonesia bisa juga terdampak, antara lain di Pantai Sumatera, Selatan Bali, Nusa Tenggara, Utara Papua, Manado, dan Sulawesi Utara.

“Jadi tidak hanya di selatan Jawa. Di Maluku itu ada ancaman juga, bahwa ancaman itu ada potensi gempa besar di sana itu betul. Jadi ancaman tsunami tidak hanya di selatanjawa, Di sepanjang jalur pertemuan lempeng, di mana itu ada sumber gempa dan itu di laut sumber gempanya dengan magnitudo besar, ya itu bisa berpotensi tsunami,” ulas Rahmat Triyono.  (bizlaw)

Pos terkait