Dalami Dugaan Korupsi Ditjen Minerba, KPK: Masih Dicari Bukti-bukti Keterlibatan Pihak Lain!

JurnalPatroliNews – Jakarta – Dugaan terjadinya korupsi tunjangan kinerja dilingkungan Direktorat Jenderal (Ditjen) Mineral dan Batu Bara (Minerba) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), masih didalami Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Saat ini, KPK masih melakukan Penggeledahan untuk mencari bukti-bukti.

Ali Fikri, Juru Bicara Kepala Bagian Pemberitaan KPK, mengungkapkan, pihaknya tengah mendalami kasus korupsi tersebut. Diduga, aliran dana korupsi itu juga mengalir ke Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

“Itu kami dalami (aliran ke BPK), termasuk apakah juga ada keterkaitan dengan Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Kami akan dalami juga ke sana, terkait dengan tunjangan kinerja ini. Pasti kan ada kaitannya juga dengan Kementerian lain terkait dengan tunjangan kinerja itu,” ujarnya, dalam keterangan tertulis, Senin (27/3/23).

Ia membeberkan, KPK masih mendalami pihak-pihak yang turut terlibat dalam kasus korupsi ini, termasuk peran masing-masing, termasuk adanya dugaan pihak terkait, di lingkungan Kementerian Keuangan.

“Nanti kami akan telusuri lebih jauh terkait dengan tunjangan kinerja ini. Sebatas itu kemudian yang bisa kami sampaikan informasi,” lanjutnya.

Sementara itu, Iman Kristian, Sekretaris Ditjen Minerba, menuturkan, proses penggeledahan kantor di Ditjen Minerba masih berlangsung hingga sampai saat ini. Sehingga, ia belum dapat memaparkan, kasus apa yang sedang diselidiki oleh KPK itu.

“Masih berlangsung, lebih pas ke KPK saja,” ucapnya.

Komentar