Pelantikan dan Jalan-Jalan Menikmati Pesona Alam Magetan..

Telaga Sarangan yang Cantik dan Asri

Selanjutnya, rombongan SMSI berkunjung ke objek wisata Telaga Sarangan, yang masih di kabupaten Magetan.

Telaga Sarangan, merupakan salah satu objek populer di Kabupaten Magetan yang menjadi favorit pada wisatawan. Objek wisata ini menyajikan pemandangan telaga air yang luas dan bersih.

Bukan hanya itu, wisata Sarangan yang terletak di lereng Gunung Lawu mempunyai latar belakang pegunungan yang sejuk dan asri. Ini menjadi salah satu rekomendasi destinasi wisata menarik yang dapat dikunjungi  wisatawan.

Dengan sajian pemandangan alam yang cantik dan asri, kita bisa melepaskan rasa lelah dan penat dari berbagai aktivitas harian. Kemudian, pengunjung bisa menikmati beberapa fasilitas yang ditawarkan, mulai dari naik perahu, becak air, hingga berkeliling kompleks wisata dengan naik kuda.

Lokasi wisata  Telaga Sarangan, berada sekitar 16 km dari Kota Magetan atau 5 km dari arah Tawangmangu. Kita bisa menuju lokasi wisata dengan menggunakan transportasi umum, maupun kendaraan pribadi.

“Pengunjung objek wisata Telaga Sarangan ini, bisa mencapai 5000 sampai 7000 orang per harinya. Selain menumbuhkan perekonomian masyarakat,  objek wisata ini mampu memberikan kontribusi terhadap Pendapat Asli Daerah (PAD) sekitar Rp 17 Miliar pada tahun 2022,” ujar Citra dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Magetan.

Masjid Ki Mageti Jadi Wisata Religi

setelah kunjungan ke objek wisata alam, rombongan SMSI juga melakukan kunjungan ke wisata religi, yakni Masjid Ki Mageti yang terletak di Kebun Bunga Refugia di Kecamatan Plaosan.

Masjid ini penuh sejarah syiar Islam di Jatim, khususnya di Magetan. Masjid Ki Mageti dibangun dari kayu masjid Agung pertama di Magetan yang dibangun pada tahun 1886. Masjid yang berukuran luas 17 x 17m dibangun menggunakan peninggalan soko guru Masjid Agung Baitussalam Magetan. 

“Berdirinya Masjid Ki Mageti ini akan memberikan efek yang luar biasa, akan menjadi tempat tujuan bagi para wisatawan untuk beribadah” tutur Bupati Magetan Suprawoto saat beramah tamah dengan segenap pengurus SMSI Pusat dan daerah di Pendopo Pemkab Magetan, Rabu malam (15/3/2023).

145 Kegiatan Wisata

Bupati Magetan,  Dr. Drs. Suprawoto, S.H., M.Si menuturkan, pada tahun 2023, Pemkab Magetan mengagendakan sebanyak 145 kegiatan wisata dan budaya yang akan diselenggarakan dalam Calendar of Event (CoE) sepanjang tahun 2023. Sebagai upaya menunjang sektor pariwisata dan perekonomian di Magetan.

Agenda-agenda itu diharapkan dapat meningkatkan tingkat kunjungan wisatawan di Magetan selama 2023. Semua agenda yang tercatat dalam kalender kegiatan 2023 bisa diakses di laman wisatadanbudaya.magetan.go.id.

“Kami mengimbau para pelaku usaha wisata agar upaya yang telah dilakukan Pemkab Magetan ini, bisa sebagai peluang untuk lebih memajukan usaha kepariwisataan di Magetan. Mohon SMSI membantu mensukseskan agenda-agenda wisata dan budaya ini, ” jeals Bupati Suprawoto.

Ia juga ingin agar semua agenda yang dicanangkan di CoE Magetan 2023 bisa meriah dan mampu mengangkat nama Kabupaten Magetan dan wisata Magetan untuk lebih dikenal di tingkat nasional, maupun Internasional.

Sesuai data, terdapat berbagai destinasi wisata di Magetan, mulai dari wisata alam, sejarah dan budaya, kuliner, serta desa wisata. Seperti, ada Air Terjun Tirto Sari, Kebun Refugia, Taman Wisata Genilangit, Tirto Gumarang, Mojosemi Forest Park, Lawu Green Forest, Kampung Susu Singolangu, Wisata Desa Jabung, Wisata Desa Sumber Dodol, dan Wisata Desa Pemandian Sumber Sawit.

Selain itu ada Magetan Park, Wisata Pemandian Gorang Gareng, Kuliner Sumber Bening, Wisata Desa Madigondo, dan Kuliner Ayam Panggang Gandu.

Komentar