Kapal Perang KRI Diponegoro-365 Latihan Bersama RSS Tenacious 71 Singapura

JurnalPatroliNews, Jakarta – KRI Diponegoro-365 dari Satuan Kapal Eskorta (Satkor) Koarmada II TNI Angkatan Laut (AL) menggelar latihan bersama dengan kapal perang Republik Singapura RSS Tenacious 71.

Keduanya melakukan latihan manuver dan keperwirajagaan, publikasi taktis dan isyarat komunikasi cahaya di laut Jawa tepatnya Utara Pulau Bawean, Rabu (9/06).

Kapal RSS Tenacius-71 ini memasuki wilayah teritorial Indonesia dalam rangka perjalanan menuju Guam, saat melintas perairan Indonesia inilah diadakan latihan dengan KRI Diponegoro berupa passing exercise (Passex).

Latihan diawali dengan pelaksanaan prosedur tetap (Protap) berpapasan dengan kapal perang asing yang dibuka melalui komunikasi RSS Tenacius yang memberikan informasi tentang hak dan kewajiban melaksanakan lintas damai yang sudah diatur dalam hukum serta konvensi internasional (UNCLOS 1982).

Pelaksanaan latihan manuver taktis dan keperwirajagaan (OOWEX-COMEX) dan Isyarat Komunikasi Bendera dan Cahaya (NAVCOMEX) serta latihan isyarat komunikasi cahaya (FLASHEX) berjalan dengan baik dan lancar. Keberadaan latihan ini menunjukkan rasa persahabatan antar sesama Angkatan Laut (Seamen Brotherhood).

Setelah latihan selesai, KRI Diponegoro yang dikomandani Letkol Laut (P) Adam Tjahya melaksanakan pengawalan dan pembayangan sampai dengan pulau-pulau Masalembo dan diakhiri dengan farewell message, selanjutnya RSS tenacious melanjutkan perjalanan menuju pelabuhan akhir Guam dengan laju kapal 14 knot.

(sdn)

Komentar