Kementerian ATR/BPN Sosialisasikan Sertipikat Tanah Elektronik dalam Momen Hari Ibu Tahun 2023

Dari sudut pandang Kepala Kantor Pertanahan (Kantah) Kota Tangerang Selatan, Shinta Purwitasari Sertipikat Tanah Elektronik menghadirkan banyak keuntungan, seperti meminimalisir risiko kehilangan, terbakar, pencurian, serta kerusakan akibat bencana alam. “Ditambah, memudahkan kita dalam pemeliharaan dan pengelolaan data, menghemat biaya transaksi, juga menjamin kerahasiaan dan keamanan data yang lebih baik. Dan yang paling pasti, menutup ruang gerak oknum mafia tanah,” ungkapnya.

Kepala Kantah Kabupaten Bogor I, Yuliana berharap, dengan penerapan sistem digital/elektronik di Kementerian ATR/BPN ini dapat mendorong percepatan penyelesaian program strategis kementerian, khususnya Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

“Dari target jumlah bidang tanah yang harus didaftarkan sejumlah 126 juta bidang, saat ini Kementerian ATR/BPN telah merealisasikan sebanyak 110 juta bidang tanah terdaftar dan 90,1 juta bidang tanah bersertipikat,” ucapnya.

Untuk diketahui, penerapan Sertipikat Tanah Elektronik telah diberlakukan secara bertahap, mulai dari sertipikasi aset BMN/BMD, badan hukum, dan BUMN, rumah ibadah, serta masyarakat di 20 wilayah Kabupaten/Kota Lengkap. Selanjutnya, akan dilakukan di seluruh wilayah di Indonesia.

Sebagaimana tema peringatan Hari Ibu tahun ini, yaitu “Perempuan Berdaya Indonesia Maju, Menyongsong Indonesia Emas 2045″, diharapkan kegiatan ini dapat mendorong perempuan untuk ikut berkontribusi menghadapi era digital.

Hadir dalam kegiatan ini, para Pejabat Administrator di lingkungan Kementerian ATR/BPN; Pengurus Pusat IKAWATI Kementerian ATR/BPN beserta jajaran; perwakilan Pengurus IKAWATI Kementerian ATR/BPN se-Jabodetabek; perwakilan Ketua IKAWATI dari beberapa provinsi; dan Pengurus IPPAT beserta jajaran.

Komentar