Kita Selalu Waspada! Moeldoko Minta: Jangan Pernah Lupakan Aksi Terorisme

JurnalPatroliNews – Jakarta – Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengajak semua pihak tetap mengingat aksi-aksi terorisme yang terjadi di Indonesia. Dia menilai hal itu penting dilakukan agar terus terbangun kewaspadaan terhadap segala bentuk ancaman gangguan keamanan.

“Saya sepakat kita harus memaafkan aksi-aksi terorisme. Tapi jangan pernah melupakan peristiwa tersebut agar kita selalu waspada,” kata Moeldoko dalam keterangannya, Sabtu (6/8/2022).

Moeldoko menegaskan, terorisme merupakan kejahatan kemanusiaan, dan sama sekali tidak berkaitan dengan ajaran agama apa pun.

“Apa pun alasannya, semua ajaran agama menolak aksi teror. Jadi aksi terorisme tidak bisa berlindung di balik agama,” tegasnya.

Panglima TNI 2013-2015 ini juga menyampaikan, sejak peristiwa teror bom JW Marriot 2003, pemerintah telah mengadopsi pendekatan Whole of Government untuk melawan terorisme, mulai dari hulu dengan pendidikan, hingga hilir melalui penindakan.

Secara regulasi, tambah dia, pendekatan tersebut juga diperkuat dengan penerbitan UU Nomor 5/2018 dan Perpres Nomor 7/2021 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Penanggulangan Ekstemisme Berbasis Kekerasan.

Komentar