Krisis Pangan, Jenderal TNI Ini Ungkap Kondisi Indonesia Sedang Terancam

JurnalPatroliNews – Jakarta – Kepala Staf Kepresidenan, Jenderal TNI (Purn) Moeldoko mengungkapkan bila Indonesia kini tak baik-baik saja. Ancaman krisis pangan, energi dan ketidakpastian global bisa memicu terjadinya krisis ekonomi di dunia, termasuk di Indonesia.

Berdasarkan data IMF terdapat 60 negara yang perekonomiannya diperkirakan akan ambruk, dan 42 di antaranya dipastikan sudah menuju ambruk.

Pemerintah sendiri telah bekerja keras agar masyarakat tidak terbebani dengan kenaikan harga-harga komoditas imbas dari ketidakpastian global. Salah satu contoh dalam pemberian subsidi untuk BBM dan gas, yang nilainya mencapai Rp 502 triliun.

“Jadi, bapak/ibu yang naik sepeda motor itu negara mensubsidi Rp 3,7 juta dalam satu tahun. Bagi yang naik mobil, negara mensubsidi Rp 19,2 juta setahun. Untuk itu, saya mohon warga berhemat dalam menggunakan BBM,” ucap Moeldoko, dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Minggu (7/8/2022).

Moeldoko juga berharap semua warga bersyukur karena ketahanan dan energi di Indonesia masih terjaga.

“Semua harus bersyukur, Indonesia masih dalam keadaan baik. Ketahanan pangan dan energi masih terjaga. Ekonomi terus tumbuh meski inflasi naik di angka 4 persen lebih. Tapi tetap harus waspada,” jelasnya.

Selain itu, semua elemen bangsa diminta bersama-sama mengatasi ancaman krisis pangan, energi dan ketidakpastian global yang memicu terjadinya krisis ekonomi.

Semua elemen masyarakat juga harus terus tetap memupuk rasa cinta kepada bangsa, dan selalu optimistis menatap Indonesia ke depan, yakni menuju Indonesia Maju pada 2045.

Komentar