Masyarakat Menyatakan Puas Dengan Kinerja Presiden Jokowi, Berikut Hasil Survei LSN

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Diakhir masa Pemerintahannya, bagaimana penilaian publik atas kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi)? Laporan Survei Nasional (LSN), merilis survei tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Presiden Jokowi, meningkat menjadi 72,5% dari 69,2% pada Maret lalu.

Masyarakat yang di survei ini adalah, seluruh Warga Negara Indonesia (WNI), dan telah berusia 17 tahun (telah memiliki KTP). Survei tersebut, digelar sejak 24 Mei hingga 3 Juni 2023, di 34 Provinsi.

Survei melibatkan 1.420 responden, diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara acak sistematis (multistage random sampling), dengan klaim margin of error +/- 2,6 persen, dan pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95 persen.

Selain itu, pengumpulan data juga dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara tatap muka, oleh tenaga terlatih dengan bantuan/pedoman kuesioner.

Responden diberikan pertanyaan: ‘Apakah Anda sangat puas, puas, kurang puas, atau tidak puas terhadap kinerja Presiden Jokowi selama hampir dua periode memimpin Indonesia?’. Hasilnya, kepuasan terhadap Jokowi tercatat sebesar 72,5%, sedangkan yang memilih tidak puas sebesar 24,9%.

Gema Nusantara, Direktur Eksekutif LSN, menjelaskan, hasil survei ini mengalami peningkatan dibandingkan dua survei sebelumnya, yang digelar pada November 2022 dan Maret 2023.

“Kali ini sebanyak 72,5% responden mengaku puas dan sangat puas terhadap kinerja Presiden Jokowi, dan hanya 24,9% yang mengaku kurang atau tidak puas. Tingginya tingkat kepuasan publik terhadap Presiden Jokowi ini, berpengaruh pada approval rating beliau, dan pada gilirannya, akan berpengaruh pada konstelasi persaingan elektabilitas tiga capres papan atas,” jelas Gema dalam paparan surveinya secara virtual, Minggu (11/6/23).

Terhadap responden yang memilih puas dan sangat puas, disodorkan pertanyaan: ‘Apa alasan Anda sehingga membuat Anda menyatakan puas atau sangat puas terhadap kinerja Presiden Jokowi?’. Alasan tertinggi yakni, pembangunan infrastruktur yang merata.

Komentar