Menteri ATR/Kepala BPN Targetkan Pengadaan Tanah IKN Selesai Juni 2023

JurnalPatroliNews – Jakarta – Pengadaan tanah Ibu Kota Negara (IKN), Nusantara ditargetkan rampung pada 27 Juli 2023. Akan tetapi, Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR/ Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN), Hadi Tjahjanto berkomitmen akan menyelesaikan target tersebut pada akhir Juni 2023.

Hal ini ia sampaikan secara daring dalam rapat bersama sejumlah menteri pada Minggu (11/06/2023).

“Kami ingin menyampaikan progres pengadaan tanah, Pak Menko. Ada 12 paket pengadaan tanah di IKN, 6 paket sudah selesai dan 6 paket masih dalam proses kita selesaikan. Keenam hal tersebut kita targetkan akan selesai akhir Juni ini, Pak Menko,” terang Menteri ATR/Kepala BPN dalam rapat yang mengangkat tema Percepatan Penyediaan Tanah di Otorita Ibu Kota Nusantara.

Adapun 12 paket pengadaan tanah yang dilakukan oleh Kementerian ATR/BPN di IKN antara lain IPAL dan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu IKN; Dermaga Logistik; Fasilitasi Bendungan Sepaku Semoi; Bendungan Sepaku Semoi Tahap I; Intake Sungai Sepaku Tahap I; Perubahan Intake Sungai Sepaku Tahap II; Infrastruktur IKN Tahap I; SPAM Instalasi Pengelolaan Air KIPP; Bypass Shortcut Pasar Sepaku; Bendungan Sepaku Semoi Tahap II; Duplikasi Jembatan Pulau Balang Bentang Pendek; dan Jalan Tol Akses Menuju IKN (Karang Joang-KTT Kariangau-Sp. Tempadung-Jembatan Pulau Balang).

Komentar