Paskah Offline, Antusiasme Warga Rayakan Jumat Agung di Gereja Katedral Jakarta

JurnalPatroliNews – Jakarta – Gereja Katedral, Jakarta Pusat kembali menggelar perayaan Paskah offline setelah dua tahun digelar secara online. Ketua Tim Gugus Kendali Paroki Gereja Katedral, Romo Bernadus C. Triyudo Prastowo mengatakan Paskah tahun ini jauh berbeda dengan dua tahun lalu.

“Saya sendiri merasa bersyukur karena banyak yang datang dalam perayaan ini tentu ini sebuah kerinduan bagi gereja karena mereka banyak yang dua-tiga tahun tidak pernah ke gereja sekarang bisa hadir,” katanya kepada wartawan di Gereja Katedral, Jumat (15/4/2022).

Bernadus mengaku tersentuh dengan kedatangan jemaat dari berbagai wilayah di Indonesia. Meskipun kapasitas jemaat di Gereja Katedral masih dibatasi 75 persen.

“Saya sendiri tersentuh ketika ngobrol sama mereka ada yang dari Timor Leste, ada yang dari Papua, Palembang datang dan terbantu. Tentu kenapa kita ada batas, karena dari pemerintah ada level 2, 75 persen, 1.105 kapasitas, kita menyesuaikan dengan itu,” katanya.

Meski merasa senang dapat kembali merayakan Paskah secara offline, Bernadus mengimbau jemaat untuk tetap patuhi prokes. Hal itu dikarenakan masih dalam masa transisi pandemi.

“Saya sendiri merasa senang ya dalam arti bahwa memang ya ini lah gereja sebagai persekutuan umat Allah dan eka resti, eka resti itu dimana umat berkumpul dan bersyukur,” katanya.

“Tetapi kan kita juga dalam masa ini masih dalam masa transisi, itu yang perlu terus dijaga, supaya tidak terlalu euforia lebih, tapi bahwa secara pribadi saya melihat antusiasme dari umat yang datang itu saya bersyukur dan berterima kasih,” lanjutnya.

Sementara itu, seorang jemaat Ratih (33) mengaku senang dapat kembali beribadah di gereja setelah dua tahun secara daring. Menurutnya, ibadah di gereja dinilai lebih khusyuk.

Komentar