Pemanfaatan Teknologi Sebagai Upaya Kaji Cepat, BNPB Gelar Pendampingan Penggunaan Wahana Nirawak BPBD se-Provinsi Jawa Tengah

JurnalPatroliNews – KOTA SEMARANG – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan (Pusdatinkom) menggelar kegiatan pendampingan penggunaan wahana nirawak bagi para Organisasi Perangkat Daerah Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) se-Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan ini bertujuan sebagai upaya untuk memperoleh data kaji cepat pada saat terjadi bencana terutama pada fase tanggap darurat.

Penggunaan Pesawat Udara Tanpa Awak ini sudah menjadi salah satu pilihan tepat untuk membantu dalam analisis dokumentasi berupa foto dan video kondisi dilapangan dengan cepat dan efisien. Tentunya dengan informasi tambahan berupa titik koordinat lokasi kejadian menjadi salah satu data pendukung  yang dibutuhkan dalam mengambil kebijakan sebuah keputusan pada saat terjadi bencana.

Dengan adanya kegiatan ini, Kepala Pelaksana Harian BPBD Provinsi Jawa Tengah Safrudin menyampaikan dukungan dan apresiasi dengan diadakannya peningkatan kapasitas sebagai bentuk percepatan penanganan pada saat terjadi bencana.

“Dengan terselenggarakan pelatihan ini, kami berterima kasih dan mendukung kegiatan ini. dampaknya sangat besar sekali bagaimana kita dapat memanfaatkan perkembangan teknologi saat ini untuk memberikan informasi dengan cepat, tepat dan akurat,” ujar Safrudin.

Dalam hal penanganan bencana, waktu terbaik dalam melakukan penyelamatan terhadap korban bencana yaitu 3 x 24 jam, dalam menjaga ‘golden time’ ini diperlukan informasi dampak dan lokasi kerusakan secara aktual.

Komentar