Pengamat: 2 Tahun ke Depan, Menteri Jokowi Satu Kaki di Kabinet Satu Lagi di Baliho

  • Whatsapp
Presiden RI Joko Widodo/Net

JurnalPatroliNews Jakarta – Tanggal 20 Oktober 2021 merupakan tahun kedua kepemimpinan Joko Widodo – Ma’ruf Amin. Pada periode kedua ini, mayoritas partai politik besar masuk ke dalam barisan pendukung pemerintah.

Tanggal 20 Oktober 2021 merupakan tahun kedua kepemimpinan Joko Widodo – Ma’ruf Amin. Pada periode kedua ini, mayoritas partai politik besar masuk ke dalam barisan pendukung pemerintah.

BACA JUGA :

Mulai dari Gerindra, yang awalnya berada di kubu oposisi. Kini telah dirangkul, dengan memberikan kursi Menteri Pertahanan kepada Prabowo Subianto dan jabatan Menparekraf kepada Sandiaga Uno.

Jokowi pun mengambil manuver dengan mengundang PAN ke Istana, bersama elit partai lainnya pada Agustus 2021. Isu reshuffle untuk merombak susunan kabinet pun muncul, meski sampai hari ini Jokowi belum memberikan ‘porsi’ apapun kepada PAN di kabinet.

Lalu apakah dengan menggaet banyak parpol ke dalam koalisi bisa melicinkan kerjasama atau malah sebaliknya ?

Pakar politik dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Karim Suryadi mengatakan, meski mayoritas parpol sudah merapat, kondisi tersebut belum melicinkan kerjasama dan memudahkan komunikasi pemerintahan.

Bahkan, dikatakan Karim beberapa partai politik dalam koalisi besar sudah memasang kuda-kuda menghadapi Pilpres 2024. Hal itu tentunya berpotensi menciptakan distraksi dalam kepemimpinan Jokowi – Ma’ruf jelang pesta politik.

Pos terkait