Percepat Rekrutmen 1 Juta Guru PPPK, Mendikbud Ristek Siapkan Tiga Strategi

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim mengungkapkan telah menyiapkan strategi untuk mempercepat perekrutan 1 juta guru PPPK.

Seperti diketahui, sejak dilaksanakan pada 2021, program 1 juta guru PPPK baru terseleksi 544.292 guru honorer yang diangkat menjadi PPPK. Sehingga pada 2023 masih dibutuhkan 601.386 guru ASN untuk sekolah negeri.

Nadiem mengungkapkan, pemerintah telah menyiapkan tiga strategi untuk memenuhi kebutuhan guru di sekolah negeri, yakni dengan menciptakan marketplace guru, perekrutan guru oleh sekolah langsung, dan penempatan pada formasi yang kurang peminatnya.

“Tiga solusi itu akan diimplementasi pada seleksi ASN 2024,” jelas Nadiem saat melakukan rapat kerja dengan Komisi X DPR, Rabu (24/5/2023).

Nadiem menjelaskan, marketplace guru atau talent pool untuk guru adalah suatu data based atau daftar semua guru-guru yang boleh mengajar, yang nantinya bisa diakses oleh seluruh sekolah di Indonesia.

Seleksi guru nantinya tidak lagi terpusat oleh pemerintah pusat/pemerintah daerah, namun langsung bisa dilakukan oleh sekolah yang membutuhkan tenaga didik. Artinya rekrutmen guru dalam satu tahun, frekuensinya bisa dilakukan lebih dari satu kali sesuai kebutuhan sekolah.

Komentar