Percepat Rekrutmen 1 Juta Guru PPPK, Mendikbud Ristek Siapkan Tiga Strategi

Adapun kriteria guru yang boleh masuk di dalam marketplace guru tersebut adalah guru-guru honorer yang sudah lulus seleksi, atau calon guru yang sudah lulus pendidikan profesi guru (PPG) prajabatan yang sudah lulus uji kompetensi dinyatakan memenuhi syarat sebagai calon guru ASN.

“Jadi calon guru lebih fleksibel untuk mendaftar dan memilih lokasi mengajar, tanpa harus menunggu perekrutan secara terpusat sekali setahun. Jadi, realtime mengikuti kebutuhan masing-masing di sekolah,” kata Nadiem lagi.

Sistem perekrutan guru yang langsung dilakukan oleh sekolah, maka anggaran gaji dan tunjangan guru ASN yang saat ini disalurkan ke pemerintah daerah (pemda) akan langsung ditransfer ke rekening sekolah oleh pemerintah pusat.

“Anggaran langsung ditransfer ke rekening sekolah. Jadi, terpisah dari rekening BOS,” jelas Nadiem.

Sementara solusi pada penempatan formasi yang kurang peminat, Nadiem Makarim akan memberikan beasiswa dengan ikatan dinas. Di mana pemerintah pusat dan daerah memberikan beasiswa ini kepada PPG prajabatan dengan ikatan dinas. Jika ikatan dinas tidak dituntaskan, maka akan ada pinalti.

Kemudian, mahasiswa PPG prajabatan yang menerima beasiswa ikatan dinas tersebut akan ditempatkan pada formasi-formasi yang kurang diminati paling tidak tiga tahun.

Nadiem juga akan menyiapkan tambahan insentif untuk guru di daerah khusus. Insentif bisa berupa kenaikan pangkat lebih cepat atau prioritas di marketplace untuk posisi selanjutnya setelah ikatan dinas selesai.

Komentar