Presiden Jokowi: Kita itu Bodoh Banget Jika APBN Terus-menerus untuk Beli Barang Impor

JurnalPatroliNews – Jakarta –Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengingatkan agar APBN, APBD dan uang BUMN dipakai untuk membeli produk dalam negeri. Jokowi mengatakan bodoh jika anggaran pemerintah terus-terusan dipakai untuk membeli barang impor.

“Sangat lucu sekali, APBN yang kita collect dari pajak, dari PNBP, dari royalti masuk ke APBN. Kemudian keluar sebagai belanja pemerintah yang dibeli barang impor, waduh bodoh banget kita ini kalau kita terus-terusan seperti itu, ndak,” kata Jokowi dalam pengarahannya di acara KADIN di TMII, Jakarta Timur, Selasa (23/8/2022).

Jokowi mengatakan kebiasaan menggunakan anggaran untuk membeli produk impor harus dihentikan. Dia menegaskan APBN-APBD wajib dipakai untuk membeli produk lokal.

“Uang APBN, uang BUMN, belanja APBN, belanja, APBD, belanja BUMN, harus dan wajib beli produk dalam negeri,” ujar Jokowi.

Jokowi lantas mengungkap komitmen dari daerah tentang pembelian produk dalam negeri. Dia juga mengajak para pengusaha untuk ikut memasukkan produk ke e-katalog.

“Sekarang sudah saya suruh tanda tangan semua daerah komitmen, bisa beli berapa triliun berapa miliar. Komitmennya sudah muncul di angka Rp 897 triliun, Rp 897 triliun komitmen dan ini adalah peluang,” ujar Jokowi

Komentar