Sejalan Dengan Konsep Smart City, Eri: Mulai 2024 ASN di Surabaya Tak Perlu Ngantor!

JurnalPatroliNews – Jawa Timur, – Sejalan dengan konsep ‘Surabaya Smart City’ yang mengedepankan digitalisasi, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, pada tahun 2024 mendatang, akan mulai memberlakukan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) bisa bekerja dari mana saja. Artinya, ASN tersebut tidak harus bekerja dan melayani masyarakat dari kantornya.

Eri Cahyadi, Wali Kota Surabaya, menyebut, bahwa seluruh pelayanan di lingkup Pemkot Surabaya sudah digitalisasi. Sehingga, pelayanan kepada masyarakat itu bisa dilakukan dari mana saja secara digital menggunakan ponsel.

“Saya juga ingin, di Surabaya itu tidak ngantor. Saya pernah menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), ngantor setiap hari di ruangan, kalau ada pimpinannya yang kerja langsung sibuk, pura-pura mengerjakan yang lain. Sekarang sudah tidak musimnya, sudah sekarang (waktunya) kerja dari mana pun,” ucap Eri, Sabtu (29/4/23) lalu.

Ia menjelaskan, ASN bisa bekerja dari mana saja asal output dan outcome itu terpenuhi. Misalnya, ASN tidak berada di kantor, tapi di tengah masyarakat, agar lebih dekat dengan warganya. Namun demikian, ASN tersebut tidak boleh melupakan pekerjaan utamanya.

“Sehingga hadirnya mereka (ASN), dinilai bukan dari kehadirannya (absensi) di kantor. Tapi pekerjaan ASN dinilai dari output dan outcome tercapai. Meski ke kantor atau tidak di kantor tidak apa-apa, daripada di kantor tapi output dan outcome tidak tercapai,” jelasnya.

Komentar