Sepanjang 2022, Kapolri Sebut: 104 Orang Jadi Korban Aksi KKB di Papua, 52 Meninggal Dunia

JurnalPatroliNews – Jakarta – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebut sepanjang tahun 2022 telah terjadi 101 aksi yang dilakukan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Tanah Papua. Aksi teror tersebut mengakibatkan jatuhnya 104 korban, 52 meninggal dunia dan 52 orang terluka.

Menurutnya dalam upaya penegakan hukum, Polri telah menangkap 57 orang yang terdiri atas 12 anggota KKB, 8 orang kelompok kriminal politik (KKP), 31 simpatisan serta enam penyuplai senjata dan amunisi.

Dalam menghadapi situasi tersebut, Kapolri menyebut pihaknya telah menyelenggarakan operasi, mulai dari soft approach hingga hard approach.

“Kami melaksanakan Operasi Damai Cartenz 2022 sebagai bentuk kegiatan operasi hard approach atau penegakan hukum,” ujarnya saat rapat kerja dengan Komisi III DPR di Ruang Rapat Komisi III DPR, Kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (12/4/2023).

Adapun dalam upaya penanganan KKP, Sigit menyebut Polri melakukan pendampingan terhadap asrama-asrama Papua yang berada di wilayah Papua maupun di luar Papua.

“Serta bersama dengan stakeholder terkait melakukan program orang tua asuh agar pengaruh maupun doktrin kelompok KKP dapat ditangkal sejak dini,” katanya.

Dalam upaya pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di Tanah Papua, Kapolri menyebut pihaknya telah mengupayakan melalui berbagai kegiatan operasional, baik di operasional yang dilakukan jajaran Polda maupun kepolisian pusat.

Komentar