Ia menceritakan ruangan ini merupakan tempat BNPB untuk memantau kejadian bencana dan beroperasi selama 24 jam.
“Ruangan ini adalah tempat BNPB melakukan upaya-upaya penanganan bencana dan Covid-19, antara lain melakukan koordinasi, memantau cuaca, kejadian bencana yang didapat secara realtime dan call center penanganan Covid-19,” lanjutnya.
Terkait hubungannya dengan tenaga kesehatan, BNPB atau Satgas menyediakan call center khusus bagi tenaga Kesehatan.
“Dibentuk Satgas Perlindungan Nakes dengan nomor 117 ext 3 yang menampung pengaduan terkait Nakes dan mengupayakan untuk memberikan perlindungan bagi nakes dari mulai mencari kamar, obat-obatan dan masih berlangsung hingga sekarang, kemudian mendukung penyaluran plasma konvalen khusus bagi nakes,” tuturnya.
Selanjutnya hadir Ketua Bidang Data dan Teknologi Informasi Satgas Penanganan Covid-19 dr. Dewi Nur Aisyah yang menceritakan perjalanan penanganan Covid-19 di Indonesia sejak dibentuk Gugus Tugas hingga saat ini menjadi Satgas.
Selain mendapatkan penjelasan terkait penanganan bencana dan Covid-19, para tenaga kesehatan berkesempatan untuk melihat Diorama Kebencanaan BNPB.
Komentar