Ungkap Fenomena Wisman Kerja Ilegal di Bali, Ini Kata Pengusaha Wayan Thomas B

JurnalPatroliNews – Jakarta – Persatuan Angkutan Wisata Bali (Pawiba) mengaku belum bisa mengonfirmasi kebenaran laporan soal maraknya wisatawan mancanegara (wisman) alias turis asing yang justru bekerja secara ilegal di Bali.

Anggota Bidang Umum dan Media Perusahaan Angkutan Pariwisata Bali (PAWIBA) Wayan Thomas B mengatakan, kebenaran laporan itu masih dikaji. Hanya saja, imbuh dia, jika hal itu benar terjadi, industri pariwisata Bali akan sangat dirugikan.

“Iya (belum bisa dikonfirmasi),” kata Thomas kepada rekan media, dikutip Jumat (3/3/2023).

“Semua isu tersebut sampai saat ini masih dihimpun data dan akurasi informasinya. Sehingga tidak menimbulkan kegaduhan di sektor pelaku usaha pariwisata dan kunjungan wisata ke Bali,” tambah Thomas.

Sebelumnya, akun Instagram @/moscow_cabang_bali mengungkapkan fenomena turis asing marak bekerja di Bali.

“Sejak hari pertama akun ini dibuat, sudah banyak sekali laporan [yang masuk]. Awalnya iseng-iseng karena kami sering mendapatkan iklan berbahasa Rusia. Akhirnya, saya memutuskan [untuk] mendokumentasikan secara sarkas,” ungkap admin @moscow_cabang_bali kepada rekan media, dikutip Jumat (3/3/2023).

“Mereka (warganet) mengeluhkan ada bule di lapangan kerja mereka. Paling banyak di bidang fotografi, tato, hingga rental motor,” ujarnya.

Komentar