Pertumbuhan Kuartal 1/2023 di 5,3%, PSI: Pertahankan Stabilitas dan Upayakan Pemerataan

Besaran PDB Indonesia berdasar harga berlaku kuartal 1/2023 mencapai Rp 5.071,7 triliun. Dan dibandingkan dengan kuartal 1/2022 Indonesia tumbuh 5,03% year on year.

Sisi produksi, lapangan usaha transportasi dan pergudangan mengalami pertumbuhan tertinggi, yaitu sebesar 15,93%. Sedangkan pengeluaran ekspor barang dan jasa juga tumbuh tertinggi, yaitu 11,68%.

Tapi secara quarter to quarter, ekonomi Indonesia mengalami kontraksi sebesar 0,92%. Dari sisi produksi, kontraksi terdalam ada di usaha jasa kesehatan dan kegiatan sosial sebesar 14,56%. Juga komponen pengeluaran konsumsi pemerintah (PK-P) mengalami kontraksi pertumbuhan terdalam sebesar 45,38%.

“Singkat kata, kita masih punya kewajiban untuk terus menjaga stabilitas ekonomi yang sangat pekat dipengaruhi suasana politik. Baik itu politik di dalam negeri, utamanya mendekati pemilu, dan situasi politik global misalnya dampak perang di Eropa Timur. Itu semua harus kita cermati dan antisipasi terus, jangan lengah,” pungkas Andre Vincent Wenas menutup pembicaraan.


Jakarta, Senin, 8 Mei 2023
Andre Vincent Wenas,MM,MBA. Ketua DPP PSI / Juru Bicara bidang Ekonomi
Email: [email protected]

Komentar