AMIN Unggul Dalam Survei, Ganjar: Kita Punya Data Internal yang Lebih Baik!

JurnalPatroliNews – Boyolali – Ganjar Pranowo, calon Presiden nomor urut 3, angkat bicara mengenai survei yang menempatkannya di posisi bawah pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) dalam sejumlah hasil perolehan suara. Menurutnya, hasil survei internal tim pemenangannya menunjukkan angka yang jauh lebih menguntungkan, memupuskan keraguan terkait popularitasnya.

Di Lapangan Bangsalan, Boyolali, Jawa Tengah, Ganjar dengan yakin menyatakan, “Kami memiliki tim survei sendiri, dan hasilnya tidak seburuk itu.” Ia menegaskan optimisme untuk memenangkan Pemilihan Presiden 2024 (Pilpres 2024) berdasarkan konsistensinya dalam turun ke masyarakat.

Ganjar mengakui pentingnya evaluasi atas setiap hasil survei namun tetap meyakini bahwa data internalnya mencerminkan dukungan yang kuat dari rakyat. “Semua survei kami dengarkan, kami punya kontrol sendiri, dan kami mendengarkan masyarakat,” ujarnya.

Menariknya, hasil survei LSI Denny JA mengenai elektabilitas capres dan cawapres 2024 menempatkan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di peringkat tertinggi dengan 43,3%. Sementara Anies-Muhaimin berada di urutan kedua dengan 25,3%, dan Ganjar-Mahfud Md menduduki posisi terbawah dengan elektabilitas 22,9%.

Survei tersebut dilakukan pada 17-23 Desember 2023 dengan 1.200 responden berusia 17 tahun atau lebih yang memiliki hak pilih.

Metode survei yang digunakan adalah multistage random sampling dengan margin of error sebesar +- 2,9 persen. Proses pengumpulan data dilakukan dengan tatap muka menggunakan kuesioner, dan survei dilengkapi dengan riset kualitatif.

Komentar