Jokowi Ungkap Alasan Pengiriman Surat Suara ke Taipei Sebelum Jadwal Resmi!

JurnalPatroliNews – Jakarta – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), menjelaskan mengapa surat suara untuk Pemilu 2024 telah dikirim lebih awal ke Taipei, Taiwan. Alasan utamanya adalah penutupan kantor pos di Taipei yang berlangsung lebih lama selama perayaan tahun baru.

Dalam keterangannya di Istora Senayan, Jakarta, pada Sabtu (30/12/23), Jokowi menyampaikan bahwa ada kekhawatiran terkait penutupan kantor pos di Taipei yang cukup lama selama libur tahun baru. Meskipun demikian, untuk informasi lebih rinci, Jokowi meminta Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari untuk memberikan penjelasan.

“Saya diceritain bahwa memang ada kekhawatiran karena ini tahun baru, kantor pos tutup agak lama di sana,” ujar Jokowi, menekankan bahwa pengiriman lebih awal ini dilakukan semata-mata untuk mengantisipasi penutupan kantor pos di Taipei yang berlangsung lebih lama.

Hasyim Asy’ari, Ketua KPU, sebelumnya telah menjelaskan pengiriman surat suara ke Taipei dilakukan di luar jadwal yang seharusnya, yaitu pada 2-11 Januari 2024. Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Taipei telah mengirimkan surat suara pada tanggal 18 dan 25 Desember 2023.

Sejumlah 31.296 amplop surat suara telah disampaikan kepada Warga Negara Indonesia (WNI) di Taipei, berisi surat suara untuk pemilihan presiden (pilpres) dan pemilihan legislatif (pileg) di daerah pemilihan DKI Jakarta II.

Namun, Hasyim mengungkapkan bahwa surat suara tersebut dinyatakan rusak dan tidak diperhitungkan dalam catatan surat suara berdasarkan formulir C hasil luar negeri yang dikirimkan melalui pos. Penjelasan ini disampaikan dalam konferensi pers di Kantor KPU RI pada Selasa (26/12/23).

Komentar