Jokowi Mengungkap Saat Ditetapkan oleh Ketua KPU untuk Pencairan Tukin

JurnalPatroliNews – Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU), seiring pengumuman bahwa tunjangan kinerja (tukin) mereka akan segera cair pada awal tahun 2024. Pengumuman ini disampaikan oleh Presiden Joko Widodo dalam acara Konsolidasi Nasional (Konsolnas) KPU se-Indonesia, yang digelar di Hall Istora Senayan, Jakarta Pusat pada Sabtu (30/12/23).

Presiden Jokowi membagikan momen menarik ketika tiba di lokasi acara Konsolnas dan ditanya oleh Ketua KPU RI, Hasyim Asyari, mengenai status tukin. “Tadi waktu akan masuk ke hall ini, saya ditanyakan Ketua KPU (Hasyim Asyari), ‘Pak, tukinnya gimana?’” ungkap Jokowi dengan penuh semangat.

Dalam penjelasannya, Jokowi menyampaikan bahwa hingga saat itu, belum ada surat pencairan tukin yang sampai ke tangannya untuk jajaran KPU se-Indonesia. “Saya belum tanda tangan,” tambahnya.

Tanpa menunda, Presiden RI ke-7 ini segera mengecek dengan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno. Hasil pengecekan menunjukkan bahwa surat pencairan tukin KPU masih berada di Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Meskipun Presiden tidak dapat memastikan kapan surat tersebut akan sampai di mejanya untuk ditandatangani, dia berusaha untuk memastikan agar proses pencairan dapat segera direalisasikan dalam waktu dekat.

“Saya berusaha agar di bulan Januari (2024) bisa selesai. Urusan-urusan sensitif seperti ini jangan sampai mengganggu tahapan-tahapan Pemilu,” tandas Jokowi dengan penuh tekad.

Komentar