Arti Simbol Salam Tiga Jari Ganjar Pranowo

JurnalPatroliNews – Jakarta – Salam tiga jari ditunjukan Ganjar lewat akun Twitternya, @ganjarpranowo yang memperlihatkan dirinya berdiri di tengah-tengah para pendukung yang mengelilinginya dan memakai kemeja hitam.

Capres yang diusung PDIP ini lantas menjelaskan tiga jari yang diacungkannya mewakili janji yang dibawanya, agar dipilih masyarakat untuk menjadi orang nomor satu di Indonesia. “Tiga hari tiga janji: Taat pada Tuhan, patuh pada hukum, dan setia pada rakyat,” jelas Ganjar dalam keterangan unggahannya.

Sementara, simbol tiga jari yang mencakup jari telunjuk, jari tengah, dan jari manis biasanya dikenal sebagai “Salam Tiga Jari,” menjadi terkenal melalui buku dan film “The Hunger Games” sebagai tanda perlawanan terhadap pemerintahan otoriter. Beberapa juga mengaitkannya dengan simbolisme politik atau perlawanan dalam konteks dunia nyata.

“The Hunger Games” adalah film adaptasi dari novel berjudul sama karya Suzanne Collins. Film ini berlatar di masa depan di suatu negara yang dikenal sebagai Panem, yang terdiri dari ibu kota dan dua belas distrik. Setiap tahun, sebagai hukuman bagi pemberontakan masa lalu, satu pria dan satu wanita remaja dari setiap distrik dipilih untuk berpartisipasi dalam acara yang disebut “Hunger Games,” di mana mereka harus bertempur hingga mati sampai hanya satu yang selamat.

Kisahnya berfokus pada seorang remaja bernama Katniss Everdeen yang secara sukarela menggantikan adik perempuannya untuk mengikuti Hunger Games. Bersama dengan rekan sejawatnya dari Distrik 12, Peeta Mellark, Katniss harus menghadapi tantangan mematikan dan keputusan moral sulit sambil berusaha bertahan hidup. Selain menjadi kisah survival, cerita ini juga mengeksplorasi tema perlawanan terhadap pemerintahan otoriter dan pengaruh media.

Film ini menjadi sukses secara komersial dan mendapatkan pujian kritis untuk akting Jennifer Lawrence (pemeran Katniss) dan penyutradaraan Gary Ross. “The Hunger Games” menjadi awal dari seri film yang terdiri dari empat film, yang semuanya diadaptasi dari trilogi buku Suzanne Collins.

Semangat film fiksi yang diadaptasi dari novel itu ternyata sampai dalam dunia nyata. Buktinya simbol jari tengah tersebut menginspirasi aktivitas Thailand hingga Myanmar untuk melakukan perlawanan dan solidaritas gerakan demokrasi di Asia Tenggara.

Melansir The Guardian, simbol tiga jari ini digunakan tenaga medis, pengunjuk rasa muda yang menentang kudeta militer di Thailand. Hasilnya karena dianggap memberikan pengaruh pemberontakan kepada masyarakat, film The Hunger Games: Mockingjay Part 1 ditarik dari peredaran di Thailand pada November 2014.

Bagi para pendukung Ganjar – Mahfud, salam tiga jari dari telunjuk, tengah dan jari manis, dapat juga diartikan sebagai simbol huruf M. Dan jari kelingking dan jempol yang bertemu disimbolkan sebagai huruf G, sehingga semua menjadi inisial huruf GM atau Ganjar Mahfud.

Komentar