Gibran Dan Risma Dari PDIP Berpeluang, Gembong Beber Mekanisme Pemilihan Calon Gubernur DKI 2024

JurnalPatrolinews – Jakarta – Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau DPD PDIP DKI Jakarta Gembong Warsono membeberkan mekanisme pemilihan calon Gubernur DKI Jakarta untuk Pemilu 2024.

Menurutnya ada tahap penjaringan dan penyaringan bakal calon yang akan diusung pada Pilgub DKI 2024 itu. “DPD PDIP diberikan kewenangan untuk melakukan penjaringan bakal calon gubernur yang nanti akan diusung oleh PDI Perjuangan,” ujarnya saat dihubungi, Selasa, 17 Januari 2023.

Setelah ada nama yang dijaring, partai akan menyaring lagi di tingkat Dewan Pimpinan Pusat. Nantinya hasil tersebut akan ditetapkan oleh tingkat paling tinggi tersebut.

Gembong menuturkan belum ada proses yang dilakukan dalam tahap itu oleh PDIP. Namun hanya sebatas diskusi oleh para kader di internal partai. “Kami belum membuka penjaringan itu. Tetapi dari hasil diskusi beberapa kader kita sudah mendiskusikan beberapa kader yang kami anggap berhasil memimpin daerahnya,” katanya.

Dia menjelaskan, kader yang dianggap berhasil memimpin suatu daerah akan disesuaikan karakteristik kepemimpinannya dengan Kota Jakarta. Nantinya juga akan ada evaluasi dari nama yang sudah jadi bakal calon.

Gembong berpendapat bahwa tahapan untuk Pemilihan Gubernur DKI Jakarta masih panjang. Anggota DPRD DKI Jakarta itu juga tidak ingin menyebutkan satu nama yang menurutnya bakal maju untuk kursi DKI 1. “Jadi masih panjang tahapan yang mesti kami lalui,” tuturnya.

Gembong sebut ada 4 bakal calon Gubernur DKI dari PDIP

Sebelumnya, Gembong Warsono menyebutkan terdapat empat nama bakal calon gubernur Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI 2024 mendatang.

Salah satunya putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming.

Menurut Gembong, Gibran mampu melanjutkan kerja wali kota Solo terdahulu sehubungan dengan penataan Kota Surakarta. Gibran memang belum membuat prestasi besar, tapi dinilai telah menjaga kesinambungan dan menciptakan inovasi berupa penataan kota. “Karena kalau bicara prestasi luar biasa, ya mereka baru berapa bulan menjabat sebagai wali kota,” kata Gembong saat dihubungi rekan media, Kamis malam, 12 Januari 2023.

Selain Gibran, tiga nama yang juga berpotensi sebagai calon gubernur potensial di Pilkada DKI 2024 yaitu Menteri Sosial Tri Rismaharini atau Risma, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Abdullah Azwar Anas, dan Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Hendrar Prihadi. Keempatnya merupakan kader dari partai PDI Perjuangan.

Sepak terjang masing-masing di kursi pemerintahan terbilang ciamik.

Komentar