Indonesia Terima Setengah Juta Dosis Vaksin dari Persatuan Emirat Arab

JurnalPatroliNews – Jakarta,– Sebanyak setengah juta dosis vaksin pemberian Pemerintah Persatuan Emirat Arab tiba di Jakarta hari ini (Sabtu, 1/5) pukul 12.05 WIB. 

Vaksin itu diangkut menggunakan Pesawat Garuda Indonesia GA-891 di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Tawaran bantuan dari Putra Mahkota Persatuan Emirat Arab Sheikh Mohamed Bin Zayed Al Nahyan (MBZ) pertama kali disampaikan saat kunjungan menlu RI dan menteri BUMN RI ke Abu Dhabi pada 21 Agustus 2020 lalu.

“Bantuan ini mencerminkan kedekatan hubungan bilateral Indonesia-Persatuan Emirat Arab, khususnya dalam enam tahun terakhir ini,” tulis keterangan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN).

Presiden Joko Widodo melalui pembicaraan telepon Jumat kemarin (30/4) menyampaikan apresiasi kepada Putra Mahkota MBZ atas pengiriman bantuan vaksin tersebut.

Setengah juta dosis vaksin produksi Sinopharm, Tiongkok tersebut akan membantu mempercepat program vaksinasi yang telah dimulai sejak Januari 2021 di Indonesia.

Di tengah munculnya tren peningkatan secara eksponensial kasus penyebaran Covid-19 di beberapa negara serta munculnya varian-varian baru maka sudah menjadi keharusan semua negara, termasuk Indonesia, untuk terus meningkatkan kewaspadaan.

Pemerintah Indonesia terus melakukan berbagai upaya, termasuk melalui diplomasi secara intensif untuk mendapatkan vaksin bagi pemenuhan kebutuhan masyarakat.

Hingga 1 Mei 2021 Indonesia telah menerima total vaksin 74.465.600 dosis baik dalam bentuk bahan baku (bulk) termasuk overfill maupun dalam bentuk jadi.

Hingga 30 April 2021 Indonesia telah melakukan vaksinasi sebanyak 20,06 juta dosis dan menjadi negara terbesar ketiga di kawasan Asia setelah RRT dan India.

(askara)

Komentar