Ini Rencana Besar Sri Mulyani Perkuat Pengawasan Internal, Belajar Dari Kasus Rafael

JurnalPatroliNews – Jakarta,  – Sri Mulyani Indrawati, Menteri Keuangan akan terus menata sumber daya manusia (SDM) internal Kementerian Keuangan agar terhindar dari kasus yang menerpa beberapa waktu lalu. Rafael Alun Trisambodo dan Andi Pramono adalah dua di antaranya.

“Berbagai kasus yang terjadi memberikan pembelajaran bagi Kemenkeu,” kata Sri Mulyani dalam rapat kerja dengan Komisi XI, DPR, Jakarta, Senin (12/6/2023)

“Kami terus menata SDM, agar tak hanya dari jumlah, namun kompetensi dan karakter untuk pelayanan dan simplifikasi proses bisnis agar pelayanan jadi pasti dan efisien,” paparnya.

Sri Mulyani akan memperkuat pengawasan internal, antara lain melalui perbaikan tata kelola hingga penguatan budaya kerja.

“Kita memperkuat pengawasan internal, bagian dari koreksi dari berbagai tata kelola yang jadi sorotan publik, penguatan budaya kerja dan transformasi digital untuk meningkatkan kualitas dan kecepatan pelayanan dan mengurangi interaksi yang berujung pada tata kelola,” terang Sri Mulyani.

Di sisi lain, kata Sri Mulyani juga dilakukan efisiensi dan pengendalian anggaran.

“Dengan semangat Kemekeu, begitu anggaran SDM berfokus pada unit eselon 1 terjadi inefisiensi dan ketidakoptimalan dalam pengelolaan organisasi dan pencapaian target-target. Kemenkeu1 dampak lebih baik dan kemampuan untuk saling mendukung konsistensi dan pelayanan,” pungkasnya.

Komentar