Pemilu 2024 RI, Jadi Fokus Utama Sejumlah Media Asing

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Pemilihan Umum (Pemilu) yang digelar hari ini, Rabu (14/2/24), menjadi tajuk utama beberapa media asing yang meliput secara langsung.

British Broadcasting Corporation (BBC), media asal Inggris, menyampaikan, Pemilu Indonesia diikuti oleh 200 juta penduduk, yang berada di 17 ribu pulau dan menggunakan hak suaranya untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden, juga Calon Legislatif.

BBC meliput secara khusus dan memberitakan topik Pemilu Presiden secara langsung (real time), mulai tentang Pemilu yang berlangsung di Papua, hingga banjir di Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Jawa Tengah.

Menyusul pemberitaan situasi saat Capres Anies Baswedan, Capres Ganjar Pranowo, dan Capres Prabowo Subianto, serta Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menggunakan hak pilihnya di TPS.

Selain BBC, The Guardian, media yang juga asal Inggris, ikut mengabarkan fakta mengenai Pemilu di Indonesia.

The Guardian melaporkan, selain latar belakang dari ketiga Calon Presiden, juga turut membahas mengenai Pemilu Indonesia yang dinilai oleh International Foundation for Electoral Systems, sebagai skala Pemilu terbesar dengan tantangan logistik yang sangat besar, karena harus melibatkan berbagai jenis kendaraan untuk menyalurkan surat suara ke lebih dari 820 ribu TPS.

Sementara, Aljazeera, media berita terbesar di Timur Tengah, mengirim awaknya untuk melaporkan perkembangan proses pemungutan suara di Indonesia secara langsung. Mulai dari analisa pakar mengenai demokrasi di Tanah Air, harapan pemilih untuk presiden terpilih, hingga TPS yang memiliki dekorasi unik dan menarik.

Di Jepang, NHK World, secara khusus memasang ketiga wajah kandidat Capres pada halaman atas situs web pemberitaannya. NHK World mewartakan, bahwa fokus Pemilu di Indonesia adalah memilih untuk melanjutkan kebijakan Presiden Joko Widodo atau mengupayakan reformasi.

Channel News Asia (CNA), media yang melaporkan berita terkini seputar Singapura dan Asia, turut serta menjadikan Pemilu Indonesia sebagai salah satu fokus utama pemberitaan hari ini.

CNA menilai Indonesia, sebagai Negara Demokrasi terbesar ketiga di dunia, yang untuk pertama kalinya sejak 15 tahun terakhir, mengadakan pemilihan Capres-cawapres dengan tiga kandidat.

Sedangkan posisi terkini Capres-cawapres, berdasarkan Hitung Cepat Sementara BSPN Pusat PDIP: Anies-Muhaimin 23,10 persen, Prabowo-Gibran 56,62 persen, Ganjar-Mahfud 20,28 persen.

Komentar