Pidato Ganjar Pranowo Bikin Megawati Angguk-angguk dan Terus Tepuk Tangan, Restu RI 1?

JurnalPatroliNews – Ketua umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri hadir di pelantikan Walikota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, Senin (30/1/2023).

Megawati Sokarnoputri duduk bersebelahan dengan Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto, dam di sebelah kiri ada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Pemandangan tersebut baru terlihat setelah cukup lama orang nomor satu Jawa Tengah itu dicuekin Megawati dalam beberapa rapat internal PDI Perjuangan.

Di ulang tahun ke-50 PDI Perjuangan, 10 Januari 2023, Ganjar Pranowo duduk di posisi paling belakang.

Tetapi, situasinya berbeda saat Megawati menghadiri pelantikan Walikota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, kemarin.

Megawati terlihat tak henti-henti bertepuk tangan saat Ganjar Pranowo berpidato.

Ganjar Pranowo membeberkan sejumlah prestasi Partai PDI Perjuangan yang melahirkan kader-kader baik legislatif maupun eksekutif yang tersebar di seluruh Indonesia, khususnya kader-kader perempuan.

“Ibu Mega dan hadirin sekalian, saat ini ada 9 perempuan yang menjadi kepala daerah di Jawa Tengah, dan 7 diantaranya lahir langsung dari rahim PDI Perjuangan. Maka bapak ibu jika di Jawa Tengah adalah Provinsi dengan kepala daerah perempuan terbanyak, maka PDI Perjuangan adalah partai yang melahirkan kepala daerah perempuan terbanyak,” kata Ganjar Pranowo.

Gubernur yang identik dengan rambut putih itu mengakumulasi dari total 43 kepala daerah perempuan di seluruh Indonesia, 14 diantaranya adalah kader PDI Perjuangan.

Selain itu kata dia, jika ditambahkan dengan 9 wakil kepala daerah maka PDI Perjuangan mempunyai kurang lebih 25 pemimpin daerah perempuan.

Lebih lanjut dalam pidatonya itu, Ganjar Pranowo mengutip buku Sarinah yang ditulis oleh Soekarno tentang perjuangan perempuan Indonesia.

“Sebab perempuan menurut Bung Karno adalah yang mula-mula induknya kulture, dialah pembangunan kultur yang pertama, dia dan bukan laki-laki. Dialah pembentuk pembangunan peradaban manusia yang pertama,” tambah Ganjar yang membuat Megawati angguk-angguk sambil tepuk tangan.

Untuk diketahui, saat ini PDI Perjuangan belum mengusung calon presiden pada perhelatan pemilu 2024.

Megawati dalam beberapa kesempatan selalu mengatakan bahwa terkait siapa yang akan dicalonkan nanti menjadi urusannya sebagai ketua umum partai PDI Perjuangan.

Tanda-tanda Megawati akan memilih Ganjar sebagai calon presiden dari partai PDI Perjuangan memang belum bisa ditebak, namun ekspresi kebahagiaan Megawati dalam acara pelantikan Walikota Semarang tersebut membuat publik sudah bisa menduga arahnya.

Apalagi hasil survei dari beberapa lembaga survei tentang bakal calon presiden 2024 Ganjar Pranowo selalu unggul dari kedua pesaingnya yaitu Pranowo Subianto dan Anies Baswedan.

Komentar