Resmi Jadian Capres PDI-P, Jokowi dan Mega Beri Pesan Penting ke Ganjar

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah (Jateng), telah resmi menjadi Calon Presiden yang akan diusung pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Presiden Joko Widodo (Jokowi), yang ikut menyaksikan pengumuman itu, memberikan pesan kepada Gubernur Jateng tersebut.

Sebelumnya, Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum PDIP, secara resmi, mengumumkan Ganjar Pranowo sebagai Capres yang diusung Partai berlambang Banteng Moncong Putih ini. Pada kesempatan itu, Megawati juga memberikan nasihat kepada Ganjar.

Diketahui, Ganjar Pranowo menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah selama dua Periode, yakni tahun 2013-2018 kemudian berlanjut 2018-2023. Dengan begitu, Ganjar adalah hasil kaderisasi Partai, sebab itu, Megawati pun memberikan nasihat kepada Gubernur Jateng itu, pada saat penyematan kopiah, di Istana Batu Tulis, Jumat (21/4/23) kemarin.

Ganjar mengungkapkan, apa yang menjadi pesan Ketua Umum PDI-P kepada dirinya saat itu.

“Bawa amanah rakyat. Beliau (Megawati) sampaikan ini adalah simbol dari Indonesia. Orang kita sering mengartikan, juga ada religiusnya. Ada juga songkok ini sebagai ciri orang Indonesia, sehingga kekulturannya ada,” ungkap Ganjar di Wedangan Padmo, Solo, Sabtu (22/4/23).

“Makanya kita punya kepribadian dalam kebudayaan kita. Sarungnya punya kita, peci ada juga. Agar kita tidak lupa pada akar budaya,” imbuhnya.

Ia membeberkan, peci yang dikenakan pada hari pertama Lebaran 2023 itu, termasuk saat salat Id pagi tadi, masih sama dengan peci atau kopiah yang disematkan Megawati kemarin.

“Nggih (Iya). Ijik anyar e (masih baru lho),” tuturnya.

“Nek turu yo dicopot (kalau tidur ya dilepas),” jawabnya menanggapi guyon peci dari Megawati tak pernah dilepas sejak Jumat (21/4/23).
 
Selain itu, Jokowi yang juga tampak menghadiri langsung acara pengumuman Ganjar sebagai bakal capres dari PDI-P. Presiden memberikan apresiasi terhadap keputusan Megawati.

“Saya sangat mengapresiasi dan menghargai keputusan Bu Megawati, Ketum PDIP, yang baru saja mengumumkan keputusannya, bahwa bakal Calon Presiden yang diajukan oleh PDIP, yaitu Bapak Ganjar Pranowo,” sebut Jokowi, Jumat (21/4/23).

“Pak Ganjar ini adalah Pemimpin yang dekat dengan rakyat, selalu turun ke bawah dan sangat ideologis,” lanjutnya.

Pada kesempatan yang sama, Jokowi juga tampak menitipkan petuah dan berharap, agar yang menjadi Program unggulan dan Visi Bangsa harus terus dilanjutkan.

“Pemimpin harus terus melanjutkan visi Bangsa dan program unggulan yang dicanangkan Ideologi Pancasila, kesatuan dan persatuan toleransi, dan kebersamaan harus menjadi fondasi sosial bangsa Indonesia,” harapnya.

Komentar