‘Tolak RUU Kesehatan’, Akibat Seruan Tak Pernah Digubris, Depan Gedung DPR Dibanjiri Karangan Bunga!

JurnalPatroliNews – Jakarta – Deretan karangan bunga bertuliskan ‘Tolak RUU Kesehatan’ berjejer di depan gerbang utama gedung DPR, Jakarta, pagi ini. Karangan bunga tersebut berasal dari berbagai organisasi profesi kesehatan di berbagai daerah.

Pantauan rekan media di depan gedung DPR, Jl Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Senin (5/6/2023) pukul 09.40 WIB, karangan bunga tersebut berjejer memenuhi gerbang utama gedung DPR. Massa tenaga kesehatan terlihat tengah menggelar orasi di depan gedung wakil rakyat itu.

Karangan-karangan bunga yang memenuhi gerbang DPR itu bertuliskan berbagai macam tuntutan. Seperti ‘Hentikan Pembahasan RUU Kesehatan Omnibus Law’ dan ‘Tolak RUU Kesehatan Yang Tak Berpihak Pada Rakyat dan Nakes’.

Massa aksi juga terlihat menggunakan kaus putih bertuliskan ‘Stop RUU Kesehatan’. Mereka juga tampak membawa berbagai perlengkapan aksi seperti bendera organisasi serta poster bertuliskan penolakan.

Untuk diketahui para tenaga kesehatan yang terdiri dari lima Organisasi Profesi Medis dan Kesehatan menggelar aksi penolakan RUU Kesehatan pagi ini. Adapun beberapa organisasi yang tergabung yakni PB IDI, PPNI, IBI, PDGI, dan IAI.

“Sejak draft Rancangan Undang-Undang Kesehatan (RUU Kesehatan Omnibus Law) menyebar pada tahun 2022 lalu, para tenaga kesehatan gelisah karena selain proses rancangan yang tidak transparan, namun juga isi RUU tersebut yang tidak memberikan rasa aman dan nyaman bagi para tenaga medis dan kesehatan untuk bekerja,” kata Humas Eksternal PB IDI, Elizabeth dalam keterangannya.

Elizabeth menyatakan, pihaknya telah memberikan berbagai masukan terkait masalah kesehatan di Indonesia. Namun, kata dia, masukan itu tak sedikitpun digubris oleh pemerintah.

“Namun usai bekerja keras membantu memulihkan situasi kesehatan di Indonesia, seruan para tenaga medis dan kesehatan akan RUU Kesehatan seperti angin lalu bagi pemerintah,” ujarnya.

Komentar