Indonesia Coast Guard yang Modern dan Profesional untuk Indonesia Maju

JurnalPatroliNews – Jakarta – Seluruh jajaran personel Bakamla RI turut memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-18 Tahun 2023. Peringatan HUT Bakamla RI tahun ini mengusung tema “Indonesia Coast Guard Yang Modern Dan Profesional Untuk Indonesia Maju”. Memeriahkan hari istimewa tersebut, Bakamla RI mengadakan Upacara yang dilaksanakan di Taman Proklamasi, pada Jumat (29/12).

Harapannya, tema ini akan menjadi pendorong semangat bagi seluruh personel Bakamla RI untuk terus bekerja, berkarya, dan mendedikasikan diri demi terwujudnya keamanan, keselamatan, dan penegakan hukum (KKPH) di wilayah perairan dan yuridiksi Indonesia.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr.Opsla., mengajak seluruh personel melakukan 6 poin untuk dilakukan.

Pertama, tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, sebagai bekal dalam menjalankan tugas dan memberikan pengabdian terbaik kepada bangsa.

Kedua, perkuat fungsi Bakamla RI dengan kinerja yang tinggi dan nyata dalam penyelenggaraan patroli KKPH di wilayah perairan dan yurisdiksi Indonesia.

Ketiga, tingkatkan kemampuan personel untuk menjawab tantangan guna mewujudkan Bakamla RI sebagai coast guard yang handal, modern, dan berkelas dunia.

Selanjutnya, bangun mindset dan culture set yang terintegrasi dengan core value ASN yaitu BerAkhlak (Berorientasi pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif).

Kemudian, tanamkan dan tumbuhkan rasa bangga terhadap instansi tercinta, Bakamla RI sebagai Coast Guard Indonesia. Terakhir, tetap menjaga nama baik Bakamla RI, hindari segala bentuk pelanggaran tidak terpuji yang dapat merugikan diri sendiri maupun instansi.

Sampai dengan hari ini, berbagai capaian telah ditorehkan oleh Bakamla RI, baik di dalam negeri maupun di luar negeri, antara lain dalam hal penyelenggaraan Patroli Nasional yang telah dilakukan Bakamla RI bersama dengan instansi terkait.

Kemudian, keberhasilan Bakamla RI dalam menggagalkan penyelundupan pekerja migran ke Malaysia. Penangkapan terhadap kapal yang melakukan pelanggaran pun banyak dilakukan oleh Bakamla RI, seperti penangkapan terhadap kapal muat Nikel Illegal, serta Transhipment Kapal Super Tanker MT Arman 114 berbendera Iran di Natuna.

Komentar