Purnama Kawulu di Bali, Ini Jadwal Odalan Termasuk Pura Dalem di Batur

JurnalPatroliNews – DENPASAR – Setiap Purnama rata-rata akan ada pura yang menggelar odalan. Seperti halnya pada Purnama Kawulu ini ada beberapa pura yang menggelar odalan.

Hari Raya Purnama dirayakan saat bulan penuh atau sukla paksa.

Ketika Purnama ini umat Hindu akan melakukan persembahyangan ke pura semisal Pura Jagatnatha atau di merajan masing-masing rumah dan ada juga ke Pura Desa.

Minggu 5 Februari 2023 merupakan Hari Raya Purnama Kawulu yang dilaksanakan saat bulan penuh pada sasih Kawulu (atau bulan kedelapan sesuai bulan Bali).

Dalam lontar Sundarigama disebutkan bahwa Purnama merupakan payogan Sang Hyang Candra.

Terkait Purnama ini disebutkan:

Mwah hana pareresiknira sang hyang rwa bhineda, makadi sang hyang surya candra, yatika nengken purnama mwang tilem, ring purnama sang hyang ulan mayoga, yan ring tilem sang hyang surya mayoga.

Artinya:

Ada lagi hari penyucian diri bagi Dewa Matahari dan Dewa Bulan yang juga disebut Sang Hyang Rwa Bhineda, yaitu saat tilem dan purnama.

Saat purnama adalah payogan Sang Hyang Wulan (Candra), sedangkan saat tilem Sang Hyang Surya yang beryoga.

Saat purnama juga merupakan hari penyucian diri lahir batin.

Oleh karena itu semua orang wajib melakukan penyucian diri secara lahir batin dengan mempersembahkan sesajen berupa canang wangi-wangi, canang yasa kepada para dewa, dan pemujaan dilakukan di Sanggah dan Parahyangan, yang kemudian dilanjutkan dengan memohon air suci.

Di mana dalam lontar Sundarigama disebutkan:

Samana ika sang purohita, tkeng janma pada sakawanganya, wnang mahening ajnana, aturakna wangi-wangi, canang nyasa maring sarwa dewa, pamalakunya, ring sanggat parhyangan, laju matirta gocara, puspa wangi.

Selain itu, Purnama juga merupakan hari baik untuk melakukan dana punia.

Adapun odalan saat Purnama Kawulu adalah sebagai berikut.

  • Pura Dalem di Batur – Bangli
  • Pura Pasek/Ida Ratu Pasek di Besakih
  • Ngusaba Ngeed di Pura Banua Kawan – Besakih
  • Pura Dalem Suci Sidemen – Karangasem.

Komentar